Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Desa Durian Rampak Sembelih Hewan Kurban 9 Ekor Kerbau, 5 Kambing

389
×

Desa Durian Rampak Sembelih Hewan Kurban 9 Ekor Kerbau, 5 Kambing

Sebarkan artikel ini
Warga Desa Durian Rampak, Susoh, Abdya bergotong royong melakukan prosesi penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Baitul Qahhar, desa setempat, Rabu (28/6/2023). Foto: Acehglobal/Salman.

BLANGPIDIE – Warga Desa Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan penyembelihan hewan kurban hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada hari ini, Rabu 28 Juni 2023.

Meskipun Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengimbau untuk melaksanakannya pada Kamis (29/6) besok, namun penyembelihan hewan kurban di Desa Durian Rampak, Susoh tetap dilaksanakan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Prosesi penyembelihan hewan kurban tersebut berlangsung di halaman Masjid Baitul Qahhar Desa setempat, Rabu (28/6/2023).

Baca Juga :   Pemkab Aceh Selatan Gelar Rakor Rembuk Stunting 2023

Ketua Panitia Kurban Desa Durian Rampak, Eriswan HM mengatakan total hewan kurban yang disembelih pada hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun ini berjumlah 14 ekor hewan kurban.

“Hewan kurban yang disembelih sebanyak 14 ekor terdiri dari 9 ekor kerbau dan 5 ekor kambing,” ujarnya saat dikonfirmasi Acehglobal di lokasi penyembelihan.

Adapun 9 ekor hewan kurban kerbau yang disembelih warga, merupakan donasi kurban berasal dari kelompok masyarakat yang terdiri dari tujuh orang.

“Sementara, 5 ekor kambing lagi yang disembelih hari ini juga merupakan hewan kurban dari masyarakat kita,” ujar Eriswan.

Baca Juga :   Puluhan Pemuda Keude Linteung Gelar Bukber di Akhir Ramadhan

Amatan Acehglobal, seperti biasanya usai melaksanakan salat Ied di Lapangan Pantai Perak, Kecamatan Susoh, ratusan warga Desa Durian sudah memadati area Masjid Baitul Qahhar untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban.

Penyembelihan dipandu langsung oleh Imum Chik Tgk Syamsuar, Khatib Yulisman SAg, dan Tgk Sagoe Tgk Ridwan. Antusias masyarakat pada proses penyembelihan hewan kurban di Desa yang terkenal dengan icon “Simpang Tiga Tugu Durian” ini dilakukan dengan gotong royong.

Berkat atas kekompakan, saling kerjasama antar warga dan seluruh pemuda, satu per satu hewan kurban direbahkan. Kegiatan penyembelihan berjalan dengan tertib dan lancar, berakhir siang sampai selesai dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

Baca Juga :   ASN di Abdya Diajak Jaga Netralitas dalam Pemilu dan Pilkada 2024

Atas nama Panitia Kurban, Eriswan menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia, pemerintah Desa dan seluruh masyarakat, serta pemuda yang telah membantu penyembelihan hewan kurban, sehingga berlangsung dengan sukses sesuai harapan.

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada para sohibul kurban yang telah bersedia ikhlas berkurban di desa Durian Rampak, semoga semangat kurban kita di tahun depan semakin meningkat,” pungkasnya.(*)

Editor: Redaksi