Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerahPemerintahan

Ini Empat Imum Mukim Terpilih di Kecamatan Susoh Abdya

763
×

Ini Empat Imum Mukim Terpilih di Kecamatan Susoh Abdya

Sebarkan artikel ini
Camat Susoh, Nasrul SKM berfoto bersama panitia pemilihan imum mukim di Kecamatan Susoh, Abdya, Selasa (27/12/2022). (Foto: agn/Ist)

Blangpidie, AcehGlobalNews – Panitia Pemilihan Imum Mukim, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar pemilihan imum mukim secara serentak, Selasa (27/12/2022).

Pemilihan imum mukim definitif untuk masa jabatan tahun 2023-2028 ini, berlangsung di halaman Kantor Kecamatan setempat.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ketua Panitia Pemilihan Imum Mukim Kecamatan Susoh, Eriswan mengatakan ada empat kemukiman yang dipilih sebagai Imum mukim dari total 29 gampong (desa) yang ada di Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya.

“Ada empat mukim yang dipilih, yaitu Imum mukim Rawa, Durian Rampak, Pinang dan Imum mukim Palak Kerambil. Akan tetapi, dari total 29 gampong di Kecamatan Susoh yang memilih imum mukim hanya 23 Gampong, sisanya 6 gampong lagi abstain,” ujar Eriswan saat dikonfirmasi via seluler, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga :   Aceh Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2021

Eriswan mengatakan, pada pemilihan imum mukim di Kecamatan Susoh terdapat tujuh orang calon dari tokoh masyarakat kemukiman yang mendaftarkan diri sejak pendaftaran calon imum mukim dibuka beberapa waktu lalu.

Adapun ketujuh calon Imum mukim tersebut meliputi Kemukiman Rawa, yakni Abbas BR dan Ramli M, Kemukiman Durian Rampak Tgk Syamsuar S dan Taufik SPd.SD, Kemukiman Palak Karambil, yakni Faisal SH dan Syamsurizal, serta Kemukiman Pinang hanya satu orang calon yang mendaftar yaitu Syafri Bukhari, S.Pd.

“Ketujuh calon Imum mukim tersebut adalah para tokoh masyarakat terbaik yang telah mendaftar,” sebutnya.

Sementara kemukiman Pinang, kata Eriswan, calon yang mendaftar hanya satu orang, yaitu Syafri Bukhari. Hingga pihaknya kemudian memperpanjang waktu pendaftaran sampai dengan 26 Desember 2022, namun calon yang mendaftar dari Kemukiman tersebut juga tidak bertambah.

Baca Juga :   Mulai 3 September, Harga BBM Pertalite dan Solar Naik
Ini empat Imum Mukim terpilih dalam pemilihan imum mukim di Kecamatan Susoh, Abdya. (Foto: agn/Ist)

“Berdasarkan Qanun, jika yang mendaftar hanya satu orang calon, dan setelah diperpanjang waktu pendaftaran ternyata juga tidak bertambah, maka para Keuchik dan tokoh masyarakat yang berada dalam kemukiman tersebut bermusyawarah untuk memutuskan kandidat yang mendaftar tersebut untuk ditetapkan secara aklamasi sebagai Imum mukim,” jelasnya.

Eriswan juga menyampaikan, para peserta yang berhak memilih Imum mukim berjumlah 8 orang ditunjuk oleh masing-masing Keuchik yang terdiri dari Keuchik, Imum Chik, Ketua Tuha Peut, Ketua Pemuda, Tokoh Perempuan, Tokoh Masyarakat dan Keujrun Blang/Panglima Laot.

Para peserta memilih secara langsung Imum mukim dengan cara menyonteng foto dan nama calon kandidat pada kertas suara yang telah disediakan panitia, kemudian memasukkannya dalam tong suara.

Baca Juga :   Dinsos Aceh Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Aceh Utara

Kegiatan pemilihan imum mukim tahun 2022 ini, kata Dedek, berlangsung setengah hari sejak pagi pukul 08.00 Wib dan selesai sampai dengan pemungutan serta perhitungan suara hasil pemilihan pada pukul 12.00 Wib siang.

“Terima kasih kepada Muspika, ulama, unsur kepemudaan dan Perempuan, keuchik dan Tgk Imum Gampong, serta rekan-rekan panitia yang telah berpartisipasi menyukseskan pemilihan imum mukim di Kecamatan Susoh sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Eriswan.

Berikut nama-nama Imum mukim terpilih dalam pemilihan imum mukim definitif masa jabatan 2023-2028 di Kecamatan Susoh :

1. Kemukiman Rawa: Ramli M
2. Kemukiman Durian Rampak: Tgk Syamsuar. S
3. Kemukiman Palak Kerambil: Syamsurizal
4. Kemukiman Pinang: Syafri Bukhari, S.Pd. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *