Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Jadi Khatib Shalat Id di Masjid Keude Linteung, Tgk Dr Khairuddin Sampaikan Ini

496
×

Jadi Khatib Shalat Id di Masjid Keude Linteung, Tgk Dr Khairuddin Sampaikan Ini

Sebarkan artikel ini
Khatib Tgk Dr Khairuddin Ishak menyampaikan khutbah shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di halaman Masjid Al-Ikhlas Desa Keude Linteung, Seunagan Timur, Senin (2/5/2022). (Foto: Agn/Muslizar)

GLOBAL NAGAN RAYA – Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di Masjid Al-Ikhlas Desa Keude Linteung, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya dilaksanakan hari Senin, 2 Mei 2022.

Bertindak sebagai Khatib, Tgk. Dr Khairuddin Ishak M.Pd. Beliau merupakan Wakil Ketua Pemangku Adat Aceh Kabupaten Nagan Raya

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sementara shalat Id dipimpin oleh Ust. Rafsanjani, S.Th.M.Ag, Dosen UIN Banda Aceh yang juga putra Desa Keude Linteung.

Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Ikhlas Keude Linteung, Tgk. Yuli Sufianto berharap kedepannya pelaksanaan shalat Id dapat terus diadakan di halaman masjid atau tanah lapang. Karena, menurutnya, itu merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga :   13 Link Twibbon Idul Fitri 1443 H, Cocok Dibagikan ke Media Sosialmu

Tgk Yuli juga berharap momentum Idul Fitri 1443 H ini dapat mempererat silaturahim antar jamaah, dan kelompok yang saling berbeda dalam khilafiyah.

“Alhamdulillah hari ini cuaca sangat mendukung untuk shalat ld di halaman masjid yg merupakan sunnah Rasulullah,” ujar Tgk Yuli.

Adapun judul khutbah Idul Fitri 1443 H di halaman masjid Keude Linteung ini mengupas tentang hikmah ramadhan dapat membentuk insan yang bertaqwa.

Dalam khutbahnya, khatib Tgk Dr Khairuddin menyampaikan bahwa ibadah di bulan puasa mendapatkan pahala yang sangat besar ganjarannya. Ibadah sunnah saja mendapatkan pahala seperti pahala ibadah wajib.

Baca Juga :   Safaruddin Santuni Keluarga Korban Kebakaran di Ie Mirah Abdya

Ibadah wajib dilipat gandakan pahalanya sampai 70x lipat dibandingkan dengan ibadah diluar bulan puasa. Bahkan jika mendapatkan malam Lailatul Qadar, maka pahalanya mencapai 1.000 bulan. Hasil dari perjalanan ramadhan adalah mencapai puncak derajat tertinggi umat manusia yaitu taqwa.

“Adapun ciri manusia yang bertaqwa adalah orang-orang yang mampu memberikan sebagian rezeki kepada sesama dalam kondisi apapun, mampu menahan amarahnya walau bagaimanapun kondisinya, dan mampu memberikan maaf dan meminta maaf kepada sesama manusia,” sampai Dr Khairuddin.

Baca Juga :   Warga Durian Rampak Susoh Kompak Kumandangkan Takbir Idul Fitri 1443 H

Sementara itu, Camat Seunagan Timur Salviar Evi mengajak momentum Idul fitri untuk saling memaafkan. Ia juga berpesan agar tidak saling medendam antara satu dengan yang lain.

“Dalam kesempatan ini, Saya atas Nama Camat Seunagan Timur mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Salviar.

Pantauan awak media, pelaksanaan shalat Hari Raya Idul Fitri 1443 H di Keude Linteung ini turut dihadiri Ketua MAA Nagan Raya, H. Muhammad Khaidir. SE, segenap unsur Muspika Seunagan Timur dan perangkat gampong setempat.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News