Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Masyarakat Durian Rampak Susoh Sukses Gelar Pemilihan Tuha Peut Langsung

967
×

Masyarakat Durian Rampak Susoh Sukses Gelar Pemilihan Tuha Peut Langsung

Sebarkan artikel ini
Suasana pemilihan Tuha Peut secara langsung di Gampong Durian Rampak yang berlangsung di halaman Masjid Baitul Qahhar gampong setempat, Kamis (8/2/2024) malam. (Foto: Acehglobal / Salman)

Blangpidie, Acehglobal – Pesta demokrasi tingkat desa mewarnai perhelatan pemilihan Tuha Peut Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pada Kamis (8/2/2024) malam.

Berlangsung di halaman Masjid Baitul Qahhar, pemilihan ini diikuti oleh 294 dari 800 lebih masyarakat yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sebanyak 10 calon Tuha Peut yang mewakili tiga dusun dan empat unsur (pemuka agama, cendikiawan, cerdik pandai, pemuda dan perempuan) berkompetisi untuk meraih suara terbanyak.

Baca Juga :   Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Gampong Durian Rampak Susoh Santuni Anak Yatim

Berdasarkan hasil perhitungan suara, 7 calon Tuha Peut berhasil terpilih dengan perolehan suara terbanyak. Yurdani Yunus (nomor urut 3) keluar sebagai peraih suara tertinggi dengan 58 suara, disusul oleh Masrizal (nomor urut 4) dan Lismawati (nomor urut 5) yang mewakili unsur perempuan.

Empat calon lainnya yang terpilih yaitu Hendra Satria (nomor urut 9), Yasir Ali (nomor urut 3), Rosnidar (nomor urut 10) dari unsur perempuan, dan Arfi R (nomor urut 7).

Baca Juga :   P2K Durian Rampak Gelar Penyampaian Visi Misi Calon Keuchik

Ketujuh anggota Tuha Peut Gampong Durian Rampak terpilih ini akan mengemban amanah selama 6 tahun periode 2024-2030. Penetapan mereka akan dilakukan melalui SK Camat Susoh atas nama Bupati Abdya.

“Pemilihan Tuha Peut secara langsung ini merupakan wujud nyata demokrasi tingkat desa yang memberikan hak kepada masyarakat untuk memilih perwakilan sendiri, dan sistem ini sangat bagus,” ungkap salah seorang warga, Sardi.

Baca Juga :   MPC PP Aceh Utara Gelar Rapat Perdana Pembentukan Pengurus

Sementara itu, Sekdes Durian Rampak Rian Andika berharap dengan terpilihnya 7 orang anggota Tuha Peut dapat memberi warna baru dalam pemerintahan Gampong. Ia juga berharap Tuha Peut terpilih dapat berkerjasama dan bersinergi membangun desa.

“Diharapkan, Tuha Peut terpilih dapat mengemban amanah dengan baik dan membawa kemajuan bagi Gampong Durian Rampak,” kata Sekdes Durian Rampak, Rian Andika. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News