Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Melalui Inovasi Jebol, Disdukcapil dan BPJS Sapa Warga Abdya

0
×

Melalui Inovasi Jebol, Disdukcapil dan BPJS Sapa Warga Abdya

Sebarkan artikel ini
Pegawai Disdukcapil dan BPJS Abdya foto bersama di sela-sela kegiatan perekaman e-KTP di kantor Keuchik Gampong Alu Padee, Abdya, Kamis (13/7/2023). Foto: Acehglobal/Muhammad Nasir.

BLANGPIDIE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama pihak BPJS Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Sapa Warga melalui program Jemput Bola (Jebol). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat proses perekaman e-KTP bagi masyarakat setempat.

“Kami (Pihak Disdukcapil) Sengaja hadir menyapa masyarakat melalui Inovasi Jebol guna mempermudah proses perekaman, teruma bagi kalangan lansia,” kata Kadisdukcapil Abdya, Jamaluddin, Kamis (13/7/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Jamaluddin menambahkan, perekaman e-KTP tersebut mengambil lokasi di wilayah kemukiman Sikabu, Kecamatan Kuala Batee dan di ikuti oleh lima gampong.

Baca Juga :   Video Pembegalan di Gunung Trans Nagan Raya, Itu Hoax!

“Alhamdulillah, masyarakat sekitar terlihat berdatangan dengan sangat antusias,” ucapnya.

Dikatakan Jamal, Administrasi Kependudukan (Adminduk) adalah hal yang sangat penting dikarenakan karena hal tersebut akan berhubungan langsung dengan kepentingan lainnya seperti bantuan sosial dan jaminan kesehatan.

“Jika seorang warga tidak memiliki Adminduk, katakanlah seperti e-KTP dan kartu keluarga tentu mereka akan susah untuk mendapatkan layanan kesehatan baik di Puskesmas maupun rumah sakit umum daerah lainnya,” jelasnya.

Baca Juga :   Rumah Warga di Aceh Jaya Ludes Terbakar

Kepala BPJS Abdya Samsul Kamal, menyebutkan, tujuan hadirnya pihak BPJS bersama Dukcapil untuk memberikan pelayanan dan melakukan sinkronisasi data masyarakat.

Pelayanan ini, diharapkan bisa mempermudah masyarakat untuk mendaftarkan diri ke BPJS atau mengaktifkan kembali kartu BPJS-nya.

“Jika ada masyarakat kita yang belum terdaftar ke BPJS atau mau mengaktifkan kembali BPJSnya, mereka bisa datang kesini. Denaga kegiatan ini diharapkan tidak ada lagi masyarakat kita terkendala saat berobat,” kata Samsul.

Baca Juga :   Puluhan Rumah Warga Gayo Lues Ludes Terbakar

Muammar Rafi, Keuchik Gampong Alue Padee, Abdya, sangat berterimakasih atas kegiatan yang dilakukan pihak Disdukcapil dan BPJS Abdya. Katanya, hal ini mempermudah warga setempat untuk melakukan perekaman e-KTP dan mendaftarkan diri ke BPJS.

“Terutama sangat membantu bagi lansia dan disabilitas, mereka tidak harus pergi jauh untuk membuat KTP dan BPJ, selain itu juga mempermudah para remaja kita yang sudah wajib memiliki KTP,” pungkas Rafi.(*)