Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
NasionalPemerintahan

Menpan-RB Janjikan Pengangkatan 100% Tenaga Honorer Menjadi ASN

908
×

Menpan-RB Janjikan Pengangkatan 100% Tenaga Honorer Menjadi ASN

Sebarkan artikel ini
Menpan-RB Janjikan Pengangkatan 100% Tenaga Honorer Menjadi ASN
Menpan-RB, Abdullah Azwar Anas dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Rabu (13/3/2024). (Foto tangkap layar YouTube Komisi II DPR RI Channel)

Jakarta, Acehglobal — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas membawa kabar gembira bagi para tenaga honorer.

Pasalnya, dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Rabu (13/3/2024), Anas menyatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mengangkat seluruh tenaga honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Data 2,3 juta (tenaga honorer) harus diselesaikan. Basisnya adalah yang di BKN (Badan Kepegawaian Negara), ini harus kita tuntaskan,” kata Anas, dikutip dari YouTube Komisi II DPR RI Channel, Sabtu (16/3).

Baca Juga :   KPU Ajak Masyarakat Cek Sipol, Jika Terdaftar Anggota Parpol Laporkan, Begini Caranya!

Meskipun demikian, para tenaga honorer diharuskan mengikuti tes terlebih dahulu sebelum diangkat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun, Anas menegaskan bahwa tes tersebut hanya bersifat formalitas.

“Soal tes tadi, bapak ibu sekalian, itu hanya formalitas. 100 persen mereka diterima, jadi sekali lagi tes ini formalitas untuk mendata ulang, jadi bapak ibu 100 persen diterima,” tegasnya.

Anas pun memastikan bahwa seluruh tenaga honorer yang diangkat akan mendapatkan Nomor Induk Pegawai Negeri Sipil (NIP).

Baca Juga :   PT BAS Lhokseumawe dan TASPEN Gelar Seminar Kewirausahaan bagi 200 ASN Jelang Pensiun

“Cuma, bagi daerah yang tidak punya kemampuan keuangannya, dia tetap standby di paruh waktu, bagi daerah yang sudah punya anggaran cukup, dia pasti di penuh waktu. Jadi baik yang paruh waktu maupun penuh waktu, 2,3 juta tadi pasti dapat NIP. Pasti dapat NIP,” ujar politikus PDI-P tersebut.

Menyadari potensi perbedaan pelaksanaan di daerah, Anas meminta Komisi II DPR untuk mengawasi proses pengangkatan honorer menjadi ASN. Ia juga mengundang Komisi II untuk hadir dalam forum yang menghadirkan kepala daerah terkait pengangkatan honorer.

Baca Juga :   173 ASN di Aceh Selatan dan Abdya Terima SK Kenaikan Pangkat dan Pensiun

“Oleh karena itu, besok izin, Pak Ketua, kami akan menyerahkan formasi, besok akan dihadiri oleh hampir seluruh kepala daerah, mohon, Pak Ketua bisa hadir. Menyampaikan di forum itu besok (Kamis) siang,” jelas Anas.

“Para sekjen, para kepala daerah hadir. Besok bapak warning ini bapak sampaikan, minimal Sekda besok datang. Akan dihadiri oleh 1.300-an orang, bapak sampaikan lagi. Kami sudah sampaikan enggak bosan-bosannya, Pak. Tapi di daerah ini memang lain-lain tadi,” tuturnya.(*)