Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Internasional

Mohammad Mokhber Ditunjuk sebagai Pengganti Presiden Iran

131
×

Mohammad Mokhber Ditunjuk sebagai Pengganti Presiden Iran

Sebarkan artikel ini
Wakil Presiden Iran, Mohammad Mokhber. (Foto: Kantor Berita IRNA)

Teheran, Acehglobal – Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran Ayatollah Seyyed Ali Khamenei telah menunjuk Wakil Presiden Mohammad Mokhber sebagai Presiden sementara Iran.

Penunjukan tersebut pasca meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi akibat kecelakaan helikopter yang ditumpanginya bersama Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian jatuh di daerah pegunungan hutan Dizmar, antara Kota Varzagan dan Jolfa di Provinsi Azerbaijan Timur, Senin (20/5/2024).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dilansir dari Kantor Berita Iran IRNA, di saat bersamaan setelah peristiwa kecelakaan terjadi, Khamenei langsung mengumumkan penunjukan Wapres Mokhber sebagai pemimpin eksekutif di Republik Iran.

Baca Juga :   Fatah Serukan Akhiri Agresi Israel ke Palestina, Minta Gencatan Senjata Diperpanjang

Ayatollah Khamenei mengeluarkan pesan belasungkawa, di mana ia mengatakan bahwa Mokhber akan mengambil alih kekuasaan berdasarkan Pasal 131 Konstitusi Iran.

Dia juga menugaskan Mokhber dan kepala dua cabang pemerintahan Iran lainnya, yaitu ketua kehakiman dan ketua parlemen, untuk mempersiapkan pemilihan presiden baru dalam waktu paling lama 50 hari.

Tidak ada gangguan dalam administrasi negara

Dalam rapat kabinet darurat pada hari Senin, Mokhber meminta anggota kabinet untuk terus bekerja dengan percaya diri dan sekuat sebelumnya untuk melayani rakyat.

Baca Juga :   AS menyalahkan Rusia atas jatuhnya pesawat tak berawak di Laut Hitam, Moskow menyangkal

Dikatakannya, sistem negara sudah mapan dan kuat, dan tidak akan ada masalah sekecil apapun dalam penyelenggaraan negara.

Kabinet, pada sidang daruratnya, memutuskan untuk membentuk sebuah komite yang bertugas mengadakan prosesi pemakaman mendiang presiden dan rombongannya. Komite tersebut dipimpin oleh Deputi Urusan Eksekutif Raisi, Mohsen Mansouri.

Kabinet juga memutuskan untuk memilih menteri luar negeri sementara dan gubernur provinsi Azerbaijan Timur sesegera mungkin.

Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, gubernur Azerbaijan Timur dan enam orang lainnya berada di dalam helikopter ketika helikopter itu jatuh di wilayah Varzaqan di provinsi tersebut pada hari Minggu.

Baca Juga :   Menteri Perang Israel Ancam Mundur jika Invansi ke Gaza Berlanjut

Pesawat mereka dan dua helikopter lainnya sedang dalam perjalanan ke Kota Tabriz beberapa jam setelah Raisi, bersama rekannya dari Azerbaijan Ilham Aliyev, meresmikan Bendungan bersama Qiz Qalasi di perbatasan antara kedua negara pada Minggu pagi.

Terpilih pada tahun 2021, Raisi menjabat sebagai presiden kedelapan Republik Islam Iran.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News