Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
InternasionalPeristiwa

Presiden Iran Ebrahim Raisi Dilaporkan Meninggal Kecelakaan Heli

394
×

Presiden Iran Ebrahim Raisi Dilaporkan Meninggal Kecelakaan Heli

Sebarkan artikel ini
Presiden Iran Ebrahim Raisi saat berada pangkalan angkatan laut Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) di Bandar Abbas, Iran Selatan. (Foto: AFP)

Teheran, Acehglobal — Presiden Iran Ebrahim Raisi dilaporkan mengalami kecelakaan helikopter yang ia tumpangi bersama Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, Senin (20/5/2024).

Menurut salah satu pejabat Iran dalam keterangannya kepada Reuters, bahwa Raisi disebut meninggal dalam peristiwa kecelakaan tersebut.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Helikopter yang mereka tumpangi jatuh di daerah pegunungan hutan Dizmar, antara Kota Varzagan dan Jolfa di Provinsi Azerbaijan Timur. Diduga akibat kabut tebal yang mengganggu jarak pandang pilot.

Baca Juga :   Gencatan Senjata Israel-Hamas Berlanjut, 12 Sandera Kembali Dibebaskan

Sementara menurut kantor berita AFP yang mengutip pernyataan media-media Iran menyebut bahwa Raisi meninggal. Namun, belum ada keterangan resmi dari pemerintah Iran.

“Presiden Republik Islam Iran, Ayatollah Ebrahim Raisi, mengalami kecelakaan saat bertugas dan menjalankan tugasnya untuk rakyat Iran dan menjadi syahid,” tulis kantor berita Iran Mehr, seperti dikutip kompas.com, Senin siang.

Sedangkan media-media Iran lain juga melaporkan berita yang sama, menyebut presiden Iran meninggal dalam peristiwa itu.

Baca Juga :   Sumur Minyak di Aceh Timur Meledak, Tiga Pekerja Alami Luka Bakar

Disebutkan media lokal Iran, bahwa Raisi sedang menuju Kota Tabriz di barat laut Iran setelah kembali dari daerah perbatasan Iran-Azerbaijan untuk meresmikan bendungan Qiz Qalasi dan Khodaafarin.

Kepala Asosiasi Bulan Sabit Merah Iran mengatakan kepada stasiun televisi pemerintah bahwa kondisi helikopter tidak baik. Kabut tebal mempersulit pencarian di lokasi yang diperkirakan menjadi lokasi pendaratan helikopter, menurut seorang reporter dari kantor berita Fars.

Baca Juga :   Tragis, Sepeda Motor Vario Kontra Avanza di Simeulue

Ia mengatakan, jarak pandang di kawasan pegunungan dan hutan berkurang menjadi hanya sekitar lima meter. Daerah ini berjarak sekitar 50 km ke arah utara Tabriz.

Raisi dipandang sebagai anak didik pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan calon penerusnya. Berdasarkan konstitusi Iran, jika Raisi meninggal maka wakil presiden pertama yakni Mohammad Mokhber akan menjadi presiden selanjutnya.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News