Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Pacu Coklit Pemilu 2024, Pantarlih Mata Ie Sapa Warga dengan Senyum

330
×

Pacu Coklit Pemilu 2024, Pantarlih Mata Ie Sapa Warga dengan Senyum

Sebarkan artikel ini
Keuchik Mata Ie, Junaidi saat didata oleh Tim Pantarlih Desa setempat untuk pendaftaran pemilih pada Pemilu 2024. (Foto: Istimewa)

Blangpidie – Setelah dilantik pada awal Februari 2023 lalu, tim Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) Desa Mata Ie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, telah memulai tugasnya dalam melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) daftar pemilih untuk Pemilu 2024.

Dalam menjalankan tugasnya, setiap anggota Pantarlih harus bersikap ramah, sopan, dan memberikan senyuman terbaiknya kepada warga yang ditemui.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Mereka juga datang dengan pakaian lengkap yang disediakan oleh pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya, seperti topi hitam dan rompi hitam Pantarlih serta tanda pengenal masing-masing.

Baca Juga :   Meski Bulan Puasa, Ambulan Bantuan YHC Abdya tetap Eksis Melayani Masyarakat

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Mataie, Syamsurizal, menyatakan bahwa tim Pantarlih di seluruh desa Abdya, termasuk di Desa Mata Ie, terus melakukan tugasnya dengan mendatangi setiap rumah sesuai data yang ada dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.

“Kami meminta tim Pantarlih kami untuk menyapa warga dengan senyum terbaiknya dan sopan saat melakukan Coklit, dan alhamdulillah sejauh ini tidak ada kendala yang signifikan dilapangan. Proses Coklit berjalan sesuai harapan,” ujar Syamsurizal, Selasa, (28/2/2023).

Baca Juga :   Ini Besaran Honor Petugas Pemilu 2024 dari Pantarlih, KPPS, PPS hingga PPK

Syamsurizal mengatakan, kesiapan untuk melakukan Coklit di desanya sudah mencapai 80 persen. Namun, masih ada beberapa warga yang tidak dapat ditemui, karena berbagai kasus, seperti sedang berada di luar daerah atau pindah rumah namun masih tercatat sebagai warga setempat.

“Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak Pantarlih terus melakukan upaya untuk menemukan warga yang belum tercakup dalam daftar pemilih menyesuaikan antara data dalam DPT dengan data diri KK dan KTP,” jelas Syamsurizal.

Baca Juga :   Pemerintah Desa Mata Ie Abdya Gelar Capacity Building bagi Aparatur Desa

Dia menyebut, dalam bekerja petugas Pantarlih juga bekerja sama dengan pihak PPS dalam desa, PPK Kecamatan, dan pihak KIP yang terus berkomunikasi untuk menyelesaikan kasus-kasus yang ditemukan di lapangan.

Dan, Syamsurizal juga meyakini bahwa tidak akan ada hambatan yang signifikan dalam pelaksanaan proses Coklit ini di lapangan.

“Selain itu, pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslih) juga terus melakukan pengawasan untuk memastikan proses Coklit berjalan sesuai aturan,” pungkasnya. (*)

Editor : Redaksi