Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Panwaslih Abdya: Keterlibatan Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu Sangat Penting

247
×

Panwaslih Abdya: Keterlibatan Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu Sangat Penting

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisioner Panwaslih Abdya, Rismanidar saat membuka acara membuka Acara Sosialisasi Penguatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024 di Aula Arena Motel Blangpidie, Senin (5/12/2022)

“Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat lebih paham bagaimana nilai-nilai demokrasi Indonesia, dan juga masyarakat diminta untuk sama-sama menjaga dan melakukan pengawasan terhadap keberlangsungan Pemilu 2024 yang akan datang,” ungkap Rismanidar.

Blangpidie, AcehGlobalNews – Keterlibatan masyarakat dalam melakukan pengawasan Pemilu dinilai sangatlah penting, diantaranya untuk memastikan terlindunginya hak politik masyarakat dan untuk memastikan terwujudnya Pemilu yang bersih, transparan, dan berintegritas dari sisi penyelenggara dan penyelenggaraannya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hal itu disampaikan Rismanidar, Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Abdya yang membidangi Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas pada saat membuka Acara Sosialisasi Penguatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Arena Motel Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (5/12/2022).

Rismanidar mengatakan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap demokrasi bangsa dan ikut berpartisipasinya masyarakat dalam pengawasan pemilu 2024 yang akan datang.

“Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat lebih paham bagaimana nilai-nilai demokrasi Indonesia, dan juga masyarakat diminta untuk sama-sama menjaga dan melakukan pengawasan terhadap keberlangsungan Pemilu 2024 yang akan datang,” ungkapnya.

“Selain itu juga untuk mendorong munculnya kepemimpinan politik yang sesuai dengan aspirasi terbesar masyarakat,” sambung Rismanidar

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, narasumber yang merupakan Wakil Dekan FISIP Universitas Teuku Umar (UTU), Afrizal Tjoetra, mengatakan bahwa partisipasi publik dalam pemilu merupakan salah satu wujud partisipasi dan pemenuhan hak warganegara.

“Pengawasan partisipatif merupakan wujud nyata partisipasi publik dalam penyelenggaraan demokrasi,” kata Afrizal.

Untuk itu, tambahnya, Panwaslih sangatlah memerlukan dukungan kelompok kepentingan untuk Pemilu yang Jurdil.

“Begitu juga sebaliknya, masyarakat sipil memerlukan dukungan Panwaslih untuk melaksanakan pengawasan partisipatif tersebut,” tutur Afrizal.

Acara yang dipandu oleh alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP), Arif Faisal Djamin itu dihadiri oleh berbagai ormas dan tokoh masyarakat yang ada di Abdya. (*)

Baca Juga :   Panwaslih Abdya Gandeng Kampus Untuk Mewujudkan Pengawasan Partisipatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *