Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Pemerintah Gampong Alue Pisang Abdya Salurkan Pupuk Gratis ke Petani

103
×

Pemerintah Gampong Alue Pisang Abdya Salurkan Pupuk Gratis ke Petani

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Gampong Alue Pisang salurkan pupuk gratis non subsidi untuk petani dan pekebun dalam Gampong setempat, Jumat (24/5/2024). (Foto: Acehglobal / Ist)

Blangpidie, Acehglobal — Pemerintah Gampong Alue Pisang, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) salurkan pupuk gratis non subsidi untuk petani dan pekebun.

Penyerahan dan pembagian pupuk non subsidi merk Nitrea atau Urea secara gratis untuk masyarakat Alue Pisang, dalam rangka ketahanan pangan, berlangsung di Kantor Keuchik setempat, Jum’at (24/5/2024).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam kesempatan itu, Keuchik Gampong Alue Pisang, Mukhsin, melalui Sekdes Septia Darisman mengungkap, bahwa pembagian pupuk tersebut merupakan program ketahanan pangan.

Baca Juga :   Pimpinan Dayah QAHA Apresiasi Seruan Bersama Forkopimda Kota Lhokseumawe

“Ada sekitar 9.500 Kg pupuk urea non subsidi yang kita bagikan secara gratis untuk petani dan pekebun khusus untuk warga Alue Pisang,” ujarnya.

Proses pembagiannya, kata Septia dalam satu rumah mendapatkan 30 Kg pupuk gratis. Ia menyebut pembelian pupuk tersebut bersumber dari Dana Desa melalui APBG.

“Jadi, ada 315 warga yang menerima pupuk gratis. Jumlah tersebut terbagi dalam tiga dusun,” rinci pria yang akrab disapa Asep ini.

Baca Juga :   Budidaya Cabai di Abdya Menggeliat, TNI Amalkan Ilmu Tani

Asep berharap, dengan adanya upaya Pemerintah Gampong Alue Pisang membagikan pupuk gratis untuk para petani di desa setempat, bisa mendongak hasil panen di tahun ini.

“Semoga dengan bantuan pupuk gratis ini bisa meminimalisir biaya produksi petani dan bisa mendongak hasil panen, apa lagi saat ini harga pupuk non subsidi semakin meroket,” jelasnya.

Baca Juga :   Ketua TP-PKK Abdya Sosialisasi Kegiatan Peningkatan Kapasitas PKK Kecamatan dan Gampong

Sementara itu, Azis, salah seorang petani penerima pupuk, berterima kasih kepada Pemdes Alue Pisang yang telah peduli terhadap petani.

“Saya pribadi sangat bersyukur dengan bantuan pupuk gratis ini, apa lagi harga pupuk sekarang kan mahal. Jadi dengan adanya pembagian pupuk gratis ini sedikit tidaknya sudah membantu meringankan beban kami sebagai petani,” kata Azis.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News