Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Pengurus FJA Abdya Berikan Trauma Healing kepada Anak Korban Kebakaran di Susoh

129
×

Pengurus FJA Abdya Berikan Trauma Healing kepada Anak Korban Kebakaran di Susoh

Sebarkan artikel ini
Salah seorang pengurus FJA Abdya menampilkan trik sulap di depan anak-anak korban kebakaran di Desa Ladang, Susoh, Sabtu (10/9/2022). Foto: Fitria Maisir/Bedahnews.

Blangpidie, AcehGlobalnews — Pengurus Forum Jurnalis Aceh (FJA) Wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menghibur anak-anak korban kebakaran di Desa Ladang, Kecamatan Susoh, kabupaten setempat, Sabtu (10/9/2022).

Musibah kebakaran yang menghanguskan tiga unit rumah di Desa Ladang itu terjadi pada Jum’at pagi (9/9) kemarin.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dampak kebakaran tersebut, mengakibatkan puluhan anggota keluarga mengalami kehilangan tempat tinggal dan harta benda ikut ludes terbakar.

Selain itu, para korban juga mengalami trauma atas musibah tersebut. Tak terkecuali bagi anak-anak korban yang juga ikut menyaksikan kejadian kebakaran itu.

Baca Juga :   Gampong Durian Rampak Susoh Sukses Salur BLT DD 3 Bulan Berturut-turut

Untuk menghibur agar anak-anak korban agar tetap kembali ceria, pengurus FJA Abdya pun meluangkan waktu memberikan trauma healing melalui pertunjukan sulap kepada mereka.

Trauma Healing merupakan satu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu korban pasca peristiwa musibah atau bencana alam.

“Pertunjukan sulap ini bertujuan untuk menghilangkan trauma atau rasa takut, serta kebosanan anak-anak korban kebakaran saat berada di tenda pengungsian,” kata Kabid Industri Kreatif dan Pariwisata FJA Abdya, Yudya Pratidina usai memberikan trauma healing kepada anak-anak korban, Sabtu (10/9/2022).

Baca Juga :   Abrasi Pantai, Tujuh Rumah Warga Susoh Abdya Rusak Berat

Yudya menjelaskan, kegiatan trauma healing dalam bentuk pertunjukan sulap ini merupakan salah satu pendampingan psikologis dengan menghibur anak-anak korban agar kehilangan rasa trauma atas peristiwa musibah yang menimpa keluarga mereka.

“Kita berharap, dengan pertunjukan sulap ini paling tidak bisa mengobati trauma anak-anak korban, karena mereka melihat langsung peristiwa kebakaran itu,” harap Yudya.

Baca Juga :   Per 1 April 2022, Harga BBM Pertamax Naik, Pertalite dan Solar Stabil

Setelah kegiatan pertunjukan sulap tersebut, anak-anak diberikan hadiah berupa makanan dan media belajar oleh pengurus FJA Abdya yang didampingi Kepala Dusun lokasi kejadian musibah tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun awak media ini di lapangan, tercatat lebih kurang ada 10 orang anak-anak korban yang mengalami trauma akibat peristiwa kebakaran rumah tersebut.

Ikut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan trauma healing tersebut, Ketua FJA Wilayah Abdya, Rusman, Bendahara Fitria Maisir, dan Ketua Kabid Pemuda dan Olahraga, Khairijal.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *