Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Peringati Nuzul Quran, Warga Durian Rampak Santuni Anak Yatim

393
×

Peringati Nuzul Quran, Warga Durian Rampak Santuni Anak Yatim

Sebarkan artikel ini
Momen peringatan Nuzulul Qur'an 1445 H, warga Durian Rampak menyantuni puluhan anak yatim, di masjid Baitul Qahhar pada, Rabu (27/3/2024) malam. (Foto: Acehglobal / Ist)

Blangpidie, Acehglobal – Warga Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengadakan peringatan Nuzulul Quran 1445 Hijriah.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan santunan terhadap anak yatim dan acara buka puasa bersama masyarakat, serta ceramah agama bakda shalat Isya, taraweh dan witir yang disampaikan oleh Ustadz Fakri A Rahim.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Seperti biasanya Peringatan Nuzulul Quran di Durian Rampak berlangsung di Masjid Baitul Qahhar Gampong setempat, pada Rabu (27/3/2024) malam.

Baca Juga :   Warga Durian Rampak Susoh Santuni Puluhan Anak Yatim

Ketua PHBI Durian Rampak, Yurdani Yunus mengatakan, santunan anak yatim di malam 17 Ramadhan merupakan agenda rutinitas yang dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat.

“Kegiatan santunan anak yatim adalah agenda rutinitas setiap malam peringatan Nuzulul Quran. Hal itu sejalan dengan tuntutan agama Islam dalam surat Al Ma’un dimana kita diwajibkan untuk memelihara dan menyantuni anak yatim. Apabila tidak melakukan hal tersebut maka akan dianggap pendusta agama,” ujar Yurdani.

Baca Juga :   Taqwallah Kembali Ingatkan Kasus Covid-19 Mulai Tinggi

Panitia pelaksana Santunan Anak Yatim Durian Rampak, Azwir dalam laporannya menyebut, total dana yang terkumpul dari masyarakat dan para donatur ditambah sisa saldo tahun lalu berjumlah Rp73.088.000.

Tahun ini, penerima manfaat kegiatan santunan yatim di Gampong Durian Rampak berjumlah 35 orang, yang terdiri dari 18 orang anak yatim, dan 17 anak piatu dan fakir miskin.

“Jumlah santunan yang diterima per anak yatim sebesar Rp 1,7 juta. Sedangkan, piatu dan fakir masing-masing menerima santunan Rp 700.000,” kata Azwir.

Baca Juga :   KPT BNA Ambil Sumpah 41 Advokat PERADI Aceh

Azwir menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat dan donatur yang telah menyukseskan kegiatan ini.

“Semoga amal kebaikan bapak ibu semua para donatur mendapat pahala dari Allah SWT,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan santunan anak yatim ini, Imum Mukim Durian Rampak yang juga sekaligus Imam Masjid Baitul Qahhar Tgk Syamsuar, Keuchik Gampong Durian Rampak Suhaimi, Anggota Tuha Peut, Aparatur Gampong, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Panitia Yatim, dan masyarakat setempat.(*)