Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Perkim dan LH Komit Perbanyak Kampung Iklim di Abdya

292
×

Perkim dan LH Komit Perbanyak Kampung Iklim di Abdya

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Perkim dan LH Abdya, Rahwadi, ST (Foto: SigupaiNews)

“Program ini salah satu upaya pemerintah mencapai target Update Nationnally Determined Contribution (NDC). Menciptakan masyarakat berketahanan iklim dengan cara menerapkan pola hidup rendah emisi gas kaca,” papar Rahwadi.

Blangpidie – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus berupaya berkomitmen ciptakan pola hidup warga rendah emisi gas kaca dengan memperbanyak kampung iklim di daerah tersebut.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Ada sekitar 30 Gampong di Abdya kami usulkan untuk menjalankan program kampung iklim (Proklim). Proses pengusulannya dilakukan melalui aplikasi secara online,” kata Kadis Perkim dan LH Abdya, Rahwadi di Blangpidie, Rabu (1/3/2023).

Menurut Rahwadi, Kabupaten Abdya sebelumnya sudah memiliki tiga Gampong yang meraih penghargaan Kampung Proklim utama secara berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI

Tiga Gampong yang meraih trophy Proklim utama tersebut, yakni Gampong Padang Manggeng tahun 2020. Lalu Gampong Rukon Damee, Babahrot tahun 2021 dan Gampong Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa tahun 2022.

Sedangkan untuk 2023, lanjut dia, usulan Proklim lebih dititik beratkan untuk menjalankan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara berkelanjutan sebagai upaya menciptakan pola hidup rendah emisi gas kaca.

“Kalau tahun ini ada dua program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diikuti 30 Gampong di Kabupaten Abdya, yakni, Proklim Lestari dan Proklim Utama,” sebut Rahwadi.

Dia juga menjelaskan ada beberapa aspek menjadi tolok ukur dalam penetapan Kampung iklim tersebut. Salah satunya dilihat dari kemampuan Gampong melakukan mitigasi dan adaptasi bila sewaktu-waktu ada perubahan iklim.

“Program ini salah satu upaya pemerintah mencapai target Update Nationnally Determined Contribution (NDC). Menciptakan masyarakat berketahanan iklim dengan cara menerapkan pola hidup rendah emisi gas kaca,” papar Rahwadi.

Pj Bupati Abdya Darmansah memberi dukungan penuh terhadap program nasional itu karena dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan seperti menanam pohon dihalaman rumah juga mengurangi sampah dalam kehidupan sehari-hari.

Rahwadi mengungkapkan, khusus Proklim Lestari Abdya menerapkan pada 10 Gampong berbasis hutan untuk memenuhi target Presiden Joko Widodo sebanyak 20 ribu desa Proklim di Indonesia sudah teregister SRN di KLHK pada tahun 2024 akan datang.

Adapun Proklim sendiri bertujuan menumbuhkan ekonomi hijau dan sirkulasi ekonomi berbasis kesadaran perubahan iklim, guna mencapai pelayanan jasa ekosistem di lokasi Proklim mitigasi, adaptasi, dan kegiatan-kelompok masyarakat. (*)

Editor : Salman

Baca Juga :   Personel Jibom Sat Brimob Batalyon C Nagan Raya Evakuasi Bom Granat Nenas