Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Pj Bupati Abdya Terima Penghargaan Proklim dari Menteri LHK RI

428
×

Pj Bupati Abdya Terima Penghargaan Proklim dari Menteri LHK RI

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Abdya, Darmansah meraih penghargaan apresiasi pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian LHK RI. Foto: Acehglobal/Ist.

Blangpidie – Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Darmansah meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Penghargaan yang diterima adalah apresiasi pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya kepada Pj Bupati Abdya Darmansah di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti KLHK di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pj Bupati Abdya Darmansah mengatakan, penghargaan ini merupakan prestasi seluruh masyarakat Abdya, di mana mereka mampu meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan rumah dan mengurangi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :   Simpan 16 Paket Ganja, Dua Pemuda di Abdya Diringkus Polisi

“Penghargaan ini merupakan bukti bahwa masyarakat Abdya memiliki komitmen kuat untuk menjaga lingkungan,” kata Darmansah.

Ia juga mengatakan, Proklim merupakan program nasional dari KLHK yang diadopsi seluruh kabupaten/kota di Tanah Air, dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

“Perubahan iklim telah menjadi perhatian banyak pihak. Oleh karenanya, peran pemerintah daerah sangat diperlukan terutama terkait edukasi tentang perubahan iklim kepada masyarakat itu sendiri,” kata Darmansah.

Selain itu, Darmansah juga mengimbau seluruh warga Abdya untuk sama-sama peduli terhadap lingkungan. Dimulai dari diri sendiri dengan salah satunya mengurangi penggunaan plastik dan memanfaatkan perkarangan dengan menanam pohon.

Baca Juga :   Polsek Penanggalan Lakukan Pengamanan Penyaluran BLT Dana Desa

Penghargaan yang diraih oleh Pj Bupati Abdya Darmansah ini merupakan hasil dari berbagai upaya yang telah dilakukannya selama menjabat sebagai kepala daerah.

Pada tahun 2022, Darmansah telah menetapkan regulasi serta melaksanakan pembinaan dan pendampingan kepada desa-desa di kabupaten Abdya untuk mendukung pelaksanaan proklim dalam upaya pengendalian perubahan iklim di daerah.

Upaya tersebut membuahkan hasil, di mana Kampung Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa meraih trophy proklim utama pada kementerian pada tahun 2022 lalu.

Pasca menerima penghargaan pertama tersebut, Darmansah langsung memerintahkan Dinas Perkim dan LH untuk memetakan desa-desa yang mempunyai potensi untuk diusulkan menjadi Gampong proklim pada tahun 2023.

Baca Juga :   Safaruddin Buka Turnamen Sepakbola Barsela Cup lll di Abdya

Kemudian berdasarkan SK Bupati Abdya terdapat 30 desa diusulkan oleh Perkim dan LH Abdya melalui sistem registrasi nasional dan spektrum proklim, serta merealisasikan anggaran untuk program tersebut yang sebelumnya tidak tersedia.

Selanjutnya, pada tahun 2023 ini dari 17 Gampong yang diumumkan, dua Gampong masuk dominasi, yakni trophy Proklim Lestari diraih Gampong Padang, Kecamatan Manggeng dan sertifikat Proklim Utama diraih oleh Gampong Kayee Aceh, Kecamatan Lembah Sabil.

Kedua Gampong tersebut sebelumnya cukup sering dikunjungi oleh Pj bupati Abdya yang belakangan diketahui seringnya kunjungan kepala daerah ke desa tersebut untuk memberikan pembinaan terkait pengendalian perubahan iklim di desa-desa.(*)

Editor : Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News