Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Polres Abdya Gelar Apel Pasukan untuk Pengamanan Nataru

326
×

Polres Abdya Gelar Apel Pasukan untuk Pengamanan Nataru

Sebarkan artikel ini
Proses pemasangan pita pada perwakilan personel Apel gelar pasukan operasi lilin Seulawah 2023, dalam rangka pengamanan Nataru di halaman Mapolres Abdya, Kamis (21/12/2023). Foto : Acehglobal/Ist.

Reporter : Andi W

Blangpidie, Acehglobal – Menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Polres Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar Apel gelar pasukan operasi lilin seulawah, dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, di halaman Mapolres setempat, Kamis (21/12/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam amanat Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo. M.Si, yang dibacakan oleh Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha, mengatakan bahwa Apel gelar pasukan operasi lilin 2023 ini, dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga :   Padat Karya Tunai Warga Bersihkan Saluran di Gampong Kuta Tinggi Blangpidie

“Dalam operasi ini, ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius. Oleh karena itu, para personil harus mengedepankan deteksi dini dan preventif strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya,” kata Dhani.

Dhani juga memerintahkan jajarannya untuk melakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah agar dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian tahun nanti.

“Khusus pada lokasi dan jalur menuju objek wisata, jangan sampai terjadi kemacetan. Sediakan kantong parkir yang memadai, pengaturan jalur keluar masuk, dan pengaturan lokasi pedagang agar masyarakat dapat berwisata dengan nyaman,” ujarnya.

Baca Juga :   Bersama Pj. Bupati, Kapolres Aceh Jaya Lepas Bus Keberangkatan Balik Mudik Gratis

Dalam rangka mengantisipasi kepadatan penumpang, lanjut Dhani, pada titik pelayanan transportasi umum, lakukan pengaturan jadwal keberangkatan, dorong pembelian tiket secara online, dan pengaturan arus keluar masuk bersama dengan stakeholder terkait. Selain itu, laksanakan patroli jalan kaki guna mencegah terjadinya kejahatan.

Dhani juga menegaskan bahwa untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan khidmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan libatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat.

Baca Juga :   Polwan Cantik Polres Abdya Ajak Masyarakat Ikut Vaksin dapat Hadiah Umrah Gratis

“Pada pengamanan perayaan malam tahun baru, lakukan pengamanan pada setiap kegiatan keramaian dengan maksimal, terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Selain itu, lakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis,” tutup Dhani.(*)

Editor : Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News