Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahHaba Gampong

Saluran Baru 555 Meter Bantu Petani Cot Jeurat Abdya, Sawah 12 Hektar Terairi

644
×

Saluran Baru 555 Meter Bantu Petani Cot Jeurat Abdya, Sawah 12 Hektar Terairi

Sebarkan artikel ini
Alat berat berkerja membuka saluran baru pertanian di kawasan persawahan Gampong Cot Jeurat, Kecamatan Blangpidie, Abdya. (Foto: warga)

Blangpidie, Acehglobal – Petani di Gampong Cot Jeurat, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kini bisa bernafas lega. Pasalnya, lahan padi seluas 12 hektar yang sebelumnya kesulitan mendapatkan air, kini terairi dengan saluran pertanian baru sepanjang 555 meter.

Saluran ini dibangun oleh Pemerintah Gampong Cot Jeurat menggunakan Dana Desa Tahun 2023. Keuchik Gampong Cot Jeurat, Syarifuddin, mengatakan pengerjaan saluran ini dilakukan selama tiga hari dengan menggunakan alat berat.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Saluran ini dibangun dengan panjang 555 meter dan lebar 1 meter. Pagu dana yang digunakan sebesar Rp58 juta dari APBG Tahun Anggaran 2023,” ujar Syarifuddin kepada Acehglobal, Minggu (11/2/2024).

Syarifuddin menjelaskan, pembangunan saluran ini bertujuan untuk memudahkan petani mendapatkan air di sawah mereka. Sebelumnya, para petani kesulitan mendapatkan air, sehingga mengakibatkan lahan sawah kurang produktif.

“Pembukaan saluran ini merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah desa dalam mewujudkan program nasional ketahanan pangan. Dengan saluran ini, petani dapat memanfaatkan air ke sawah mereka secara optimal,” katanya.

Baca Juga :   Terpilih jadi Keuchik Cot Jeurat, Syarifuddin Ajak Warga Bersatu
Keuchik Gampong Cot Jeurat, Syarifuddin bersama Keujrun Blang dan warga saat berada di lokasi normalisasi saluran pertanian di gampong setempat, Minggu (11/2/2024). Foto : Acehglobal / Salman.

Selain pembukaan saluran baru 555 meter, pemerintah Gampong Cot Jeurat juga melakukan normalisasi saluran pertanian sepanjang 200 meter.

Sementara itu, Keujruen Blang Cot Jeurat, Muhammad Syam, mengucapkan terima kasih atas pembangunan saluran tersebut. Ia mengatakan, saluran ini sangat dibutuhkan petani di kawasan Cot Jeurat.

“Alhamdulillah, pekerjaannya sudah tuntas, tidak ada permasalahan dan sudah sesuai kebutuhan kami para petani untuk mengaliri air ke sawah,” ucap Muhammad Syam.

Baca Juga :   Budidaya Cabai di Abdya Menggeliat, TNI Amalkan Ilmu Tani

Syam menambahkan, sebelum saluran ini dibangun, sebanyak 12 hektar lahan padi di kawasan persawahan Gampong Cot Jeurat tidak maksimal digarap oleh petani.

“Setelah saluran ini dibuka, air sudah dapat dialirkan ke sawah. Kita berharap hasil panen padi tahun ini menjadi lebih bagus,” tuturnya.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News