Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahOlahraga

SMPN 1 Seunagan Resmi jadi Komisariat Pencak Silat PSHT

0
×

SMPN 1 Seunagan Resmi jadi Komisariat Pencak Silat PSHT

Sebarkan artikel ini
SMPN 1 Seunagan Resmi jadi Komisariat Pencak Silat PSHT
SMPN 1 Seunagan resmi menjadi Komisariat Pencak Silat PSHT Cabang Nagan Raya.

Nagan Raya – SMPN 1 Seunagan, Kabupaten Nagan Raya resmi menjadi Komisariat Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Nagan Raya usai pembukaan latihan perdana plus ekstrakurikuler di sekolah setempat, Kamis (26/1/2023).

Kepala SMPN 1 Seunagan Misnan, S.Pd., M.Si dalam acara pembukaan mengungkapkan, bahwa pencak silat merupakan seni bela diri warisan leluhur bangsa Indonesia yang harus di pertahankan dan dilestarikan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Dengan adanya pelatihan beladiri pencak silat ini, kami harap kepada siswa-siswi belajarlah dengan sungguh-sungguh dan ajaklah kawan-kawan diluar SMP untuk hadir kesini, karena tidak ketika menjadi komisariat maka tidak mesti siswa-siswi disini saja yang belajar pencak silat disini, terbuka untuk umum,” sampainya.

Baca Juga :   Diduga Gelapkan Dana COD, Kurir J&T Express di Nagan Raya Ditahan Polisi

“Ini juga gaung kita artinya kita berkabolarasi, selain dijadikan tempat komisariat PSHT kita juga jadikan ekstrakurikuler, Karena diluar sana banyak sekali kegiatan-kegiatan yang negatif maka dengan adanya kegiatan ini maka dapat mengurangi kegiatan kegiatan negatif tersebut, ikutilah dengan sungguh-sungguh,” ajak Misnan.

Misnan mengatakan, SMPN 1 Seunagan sangat mendukung penuh kegiatan tersebut dan pihaknya mengaku siap memfasilitasi kegiatan latihan dalam hal penggunaan sarana dan prasarana sekolah.

“Ini tujuannya semata-mata untuk mengembangkan bakat dan minat siswa untuk meraih prestasi, jangan ikuti setengah-setengah semoga kalian berjaya dan meraih prestasi, bisa mengukir nama baik untuk orang tua mu,” tuturnya.

Latihan perdana pencak silat komisariat PSHT Cabang Nagan Raya di SMPN 1 Seunagan, Kamis (26/1/2023).

Sementara itu, Ketua PSHT Cabang Nagan Raya Rudianto menyampaikan, sebagai langkah awal dalam membuka Ranting baru maka tujuan utama dari PSHT adalah mendidik manusia yang berbudi luhur tau benar dan salah serta bertakwa kepada Allah SWT.

Baca Juga :   Yonif 116/GS Siap Bantu Sukseskan TMMD Reg 113 Kodim Nagan Raya

“Dalam latihan kedepannya, PSHT mengajarkan atau melatih tiga jenis kegiatan yaitu, bela diri prestasi, bela diri praktis dan beladiri ajar, maka dengan ini kami harap seluruh siswa agar bersemangat dalam mengikuti latihan kedepan dan bisa meraih presprestasi,” ujar Rudianto.

“PHST selain melatih pencak silat juga mengajar adap dan membetuk karakter, contohnya setelah datang ketempat latihan selalu berjabat tangan itu adalah suta adab sesuai dengan lambang kita persaudaraan,” sambungnya.

Rudianto berpesan, barang siapa yang menyambung silaturahmi maka Allah akan menambah kan nikmat nya dan barang siapa yang memutuskan silaturahmi Allah akan mencabut nikmat nya.

Baca Juga :   Kabid Distanpan Abdya Uji Coba Pemanfaatan Kulit Jengkol jadi Pestisida Alami

“Terima kasih kepada Kepala SMPN 1 Seunagan yang telah menerima kami untuk berkolaborasi yang dijadikan sebagai Ekstrakurikuler di sekolah ini dan pengurus ranting yang selalu memotivasi latihan pencak silat untuk mendidik kader yang berbudi pekerti luhur tau benar dan salah tuk bisa meraih prestasi,” ucapnya.

Dalam acara pembukaan tersebut turut hadir ketua PSHT Cabang Nagan Raya Rudianto, Dewan Penasehat Cabang Bintoro beserta pengurus, ketua Ranting Beutong Mas’udi maulana beserta pelatihan, Kepala SMPN 1 Seunagan Misnan, S.Pd., M.Si, Wa Sekjen IPSI Nagan Raya Agustiar, Sos.(*)

Reporter : Muslizar | Editor : Salman