Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
KesehatanNasional

Vaksin Booster Gratis untuk Masyarakat, Kemenkeu Siapkan Anggaran Rp117,9 Triliun

518
×

Vaksin Booster Gratis untuk Masyarakat, Kemenkeu Siapkan Anggaran Rp117,9 Triliun

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi - Vaksin Covid-19. (Dok. Kompas.com)

GLOBAL JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menegaskan akan memberikan vaksin booster gratis Covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” kata Jokowi dalam keterangan video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Menurut Jokowi, kebijakan ini diambil karena pemerintah mengutamakan keselamatan rakyat. Adapun prioritas sasaran vaksinasi booster ini adalah lansia dan kelompok rentan.

Baca Juga :   TNI-Polri dan Petugas Gabungan di Abdya Bagi-bagi Masker Gratis ke Pasar

Kepala Negara juga menjelaskan, tentang syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi dosis ketiga ini, yaitu calon penerima vaksin sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari enam bulan lalu.

Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi tersebut, saat ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menyusun dan menyiapkan anggaran untuk vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster.

Baca Juga :   Bumil dan Penyandang Disabilitas diajak Vaksin Covid-19

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatarwata mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengenai anggaran tersebut.

“Kami sedang koordinasi dengan Kementerian Kesehatan. Tentu ada anggaran yang harus disiapkan,” kata Isa seperti dilansir Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

Dia menuturkan, anggaran program vaksinasi booster bakal masuk dalam klaster kesehatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022. Di tahun ini, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 117,9 triliun untuk klaster kesehatan.

Baca Juga :   Tinjau Vaksinasi Massal Di Kecamatan Kuala Batee, Dandim Abdya Ingatkan Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Di sisi lain, pemerintah mendapat hibah vaksin booster. COVID-19 Vaccines Global Access (Covax Faicility) akan memberikan vaksin gratis tambahan untuk 10 persen populasi. Hibah vaksin membuat anggaran pengadaan jadi lebih hemat.

“Kita juga menerima hibah vaksin dalam jumlah cukup banyak. Akan terlihat dalam anggaran program PC-PEN yang akan segera diumumkan pemerintah,” pungkasnya.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News