Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Nasional

Wakili Indonesia, Nuriah Raih Peringkat 3 MTQ Internasional ke-40 di Iran

400
×

Wakili Indonesia, Nuriah Raih Peringkat 3 MTQ Internasional ke-40 di Iran

Sebarkan artikel ini
Nuriah Jurian Arga, qoriah asal Kalimantan Selatan, berhasil meraih peringkat ketiga pada MTQ Internasional ke-40 di Iran. (Foto: Dok Kemenag)

Jakarta, Acehglobal — Prestasi gemilang kembali diraih Indonesia di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional ke-40 di Teheran, Iran. Nuriah Jurian Arga, qoriah asal Kalimantan Selatan, berhasil meraih peringkat ketiga, membawa harum nama bangsa di kancah internasional.

MTQ Internasional ke-40 ini berlangsung pada 15-21 Februari 2024 yang diikuti oleh qari dan qoriah terbaik dari berbagai negara.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur’an dan Al-Hadits, Rijal Ahmad Rangkuty, mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya atas prestasi Nuriah.

Baca Juga :   Jokowi Lakukan Prosesi Penyatuan Tanah dan Air di Ibu Kota Negara Baru "Nusantara"

“Direktorat Penerangan Agama Islam menyambut dengan bahagia dan bangga atas prestasi yang diraih Nuriah di MTQ Internasional ke-40 di Iran. Ini merupakan kabar gembira bagi kita, karena MTQ di Iran adalah gelaran yang sangat kompetitif dan sudah berjalan cukup lama,” ujar Rijal di Jakarta, Sabtu (24/2/2024).

Perjalanan Nuriah menuju MTQ di Iran tidaklah mudah. Ia harus melalui berbagai tahapan, mulai dari babak penyisihan daring pada September dan Desember 2023, hingga akhirnya melaju ke babak final yang digelar secara luring di Teheran.

Rijal menjelaskan bahwa Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Nasional memiliki penilaian tersendiri dalam memilih qari dan qoriah yang akan mewakili Indonesia di ajang internasional. Nuriah, dengan prestasinya sebagai juara MTQ Nasional 2022 dan kriterianya yang memenuhi standardisasi tinggi, menjadi pilihan tepat untuk mewakili Indonesia di MTQ Internasional ke-40.

Baca Juga :   Daftar 101 Lokasi Rukyatul Hilal Awal Ramadan 1443 H yang Ditetapkan Kemenag

“Nuriah memiliki dua hal. Dia juara MTQ Nasional di Kalsel, juga memiliki kriteria dengan standardisasi yang tinggi,” ungkap Rijal.

Prestasi Nuriah diharapkan dapat menjadi motivasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berkarya dan meraih prestasi di bidang Tilawatil Qur’an. Rijal juga berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa depan.

Baca Juga :   Polri Komitmen Cegah Penyelewengan Distribusi Pupuk Bersubsidi

“Kita berharap, ke depan, anak-anak bangsa ini bisa termotivasi menggapai prestasi yang lebih dari saat ini. Kita berharap akan hadir juara-juara baru yang berasal dari penyelenggaran MTQ di Indonesia,” tutur Rijal.

Pada MTQ Internasional ke-40 di Iran, Indonesia juga mengirimkan perwakilan untuk cabang tilawah putra, yaitu Khadar Raswadi Rasyid dari LPTQ DKI Jakarta. Prestasi Nuriah dan Khadar Raswadi Rasyid menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam bidang Tilawatil Qur’an di kancah internasional.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *