Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

98 Santri dan Pelajar Abdya Lulus Seleksi Beasiswa Tahfidz Al Quran

363
×

98 Santri dan Pelajar Abdya Lulus Seleksi Beasiswa Tahfidz Al Quran

Sebarkan artikel ini
Salah satu peserta mengikuti tes hafalan Al Qur'an seleksi beasiswa tahfidz Baitul Mal Abdya yang digelar di Anjungan Abdya, komplek PKA Taman Ratu Safiatuddin Lampriet Banda Aceh, Senin (25/9/2023). Foto: Acehglobal/Salsya.

Blangpidie – Sebanyak 98 santri dan pelajar asal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) lulus seleksi akhir beasiswa tahfidz Al Quran Tahun 2023 yang digelar Baitul Mal Kabupaten (BMK) Abdya.

Ketua BMK Abdya, Zulbaili, mengatakan, beasiswa tahfidz ini diikuti oleh ratusan santri dan pelajar asal Abdya yang merupakan hafizh dan hafizah penghafal Al Quran.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Untuk mendapatkan beasiswa ini, para peserta harus mengikuti tes hafalan Al Quran yang diadakan di dua titik, yaitu di Masjid Agung Baitul Ghafur, Blangpidie pada 20-21 September 2023, dan Anjungan Abdya Komplek PKA Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh pada 25-26 September 2023,” kata Zulbaili, Jumat (29/9/2023).

Baca Juga :   SLB Negeri Syech Abdurrauf Gelar Workshop ABA Autisme

Dari hasil tes hafalan yang diadakan di dua lokasi tersebut, sebanyak 98 peserta dinyatakan lulus seleksi akhir beasiswa tahfidz Baitul Mal dengan kategori 5-10 juz, 11-20 juz dan 21-30 juz.

“Kategori hafalan 5-10 juz yang lulus sebanyak 85 orang, 11-20 juz 9 orang dan 21-30 juz 4 orang,” sebut Zulbaili.

Zulbaili mengatakan, pemberian beasiswa tahfidz ini merupakan bentuk reward terhadap para penghafal Al Quran dalam melestarikan budaya membaca Al Quran sebagai kitab suci umat Islam.

Baca Juga :   Polisi Grebek Gudang BBM Ilegal di Paya Bakong Aceh Utara

“Mudah-mudahan dengan bantuan beasiswa ini dapat meningkatkan motivasi generasi kita dalam meningkatkan hafalannya dan bermanfaat bagi mustahik penerima bantuan,” ujarnya.

Perlu diketahui, besaran nilai bantuan beasiswa tahfidz yang diberikan bervariasi sesuai tingkat kemampuan hafalan membaca Al Quran, yakni kategori 5-10 juz sebesar Rp 2,5 juta/orang, 11-20 juz Rp 3 juta/orang dan kategori 21-30 juz sebesar Rp 3,5 juta/orang.

Zulbaili mengimbau kepada santri dan pelajar yang belum lulus seleksi untuk tetap semangat dalam menghafal Al Quran.

Baca Juga :   Tiga Bulan PT GSS Tidak Setor Zakat Penghasilan Karyawan ke BMKS

“Bagi anak-anak kami yang belum lulus jangan berkecil hati tetap semangat dalam menghafal Al Quran, InsyaAllah masih ada lagi kesempatan kedepan dan kuotanya juga akan ditambah lagi, serta terus tingkatkan jumlah hafalannya untuk bisa mengikuti seleksi beasiswa tahfidz pada tahun akan datang,” ucapnya.

Untuk melihat nama-nama yang lulus tes hafalan Al Quran tahapan akhir seleksi beasiswa tahfidz Baitul Mal Abdya dapat mendownload dengan cara klik tautan ini. (*)

Editor: Joel. F

Simak berita dan artikel lainnya di Google News