Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Abrasi Air Laut di Aceh Barat, Polisi Bantu Evakuasi Warga

189
×

Abrasi Air Laut di Aceh Barat, Polisi Bantu Evakuasi Warga

Sebarkan artikel ini
Salah seorang polisi di Aceh Barat membantu warga menyelamatkan barang akibat terdampak abrasi air laut, Minggu (3/7/2022). (Dok. Polres Aceh Barat)

Personel Kepolisian dari Polres Aceh Barat dan Polsek Johan Pahlawan membantu mengevakuasi warga yang rumahnya terdampak banjir luapan akibat abrasi air laut.

Abrasi yang disebabkan oleh gelombang pasang itu terjadi di Gampong Ujong Kalak Kecamatan Johan Pahlawan, Minggu (3/7/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Air laut yang menerobos naik ke daratan mencapai 50 sentimeter, hal itu cukup menghambat aktivitas warga setempat.

Baca Juga :   Kapolres Aceh Barat Beberkan Strategi Berantas Narkoba

Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso, mengaku pihaknya telah turun ke wilayah yang terjadi abrasi air laut tersebut dan ikut membantu warga yang terdampak.

“Saat mendapatkan informasi kejadian tersebut, kita langsung mengerahkan personel guna membantu warga dalam evakuasi baik jiwa maupun harta benda,” kata Kapolres.

Atas peristiwa alam itu, Kapolres mengimbau warga untuk sementara waktu  mengungsi terlebih dahulu untuk mengantisipasi gelombang susulan.

Baca Juga :   Sekda Lepas Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh

Sementara itu, Kapolsek Johan Pahlawan Iptu Yudha Prasetya, mengatakan pihaknya terus melakukan pengecekan dan pemantauan ketinggian genangan air di lokasi yang terdampak.

“Mulai tadi pagi kami sudah terjun untuk membantu warga mengevakuasi barang mereka dan juga berjaga di lokasi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti keamanan lingkungan saat warga di evakuasi dari wilayah yang terdampak,” ungkap Kapolsek.

Baca Juga :   Pastikan Libur Lebaran Warga Kondusif, Kapolres Aceh Barat Tinjau Objek Wisata

Ia pun juga mengimbau agar masyarakat tidak panik. Namun, tetap waspada karena abrasi susulan diperikirakan masih terjadi.

“Upaya yang dilakukan kami terus berkoordinasi dengan pihak BPBD Aceh Barat, membantu evakuasi barang milik warga, dan akan terus memantau perkembangan situasi ke depannya,” katanya. (*)