Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

ASDP Simeulue Siapkan Seluruh Kapal Feri untuk Layani Arus Mudik

232
×

ASDP Simeulue Siapkan Seluruh Kapal Feri untuk Layani Arus Mudik

Sebarkan artikel ini
Kapal Aceh Hebat 1.

Simeulue, Acehglobal – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, ASDP Perwakilan Simeulue memastikan seluruh kapal feri siap dioperasikan untuk melayani arus mudik tahun 2024. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang ingin kembali ke kampung halaman.

Sebelumnya, Kapal Aceh Hebat 1 sempat memasuki galangan untuk perawatan rutin. Namun, kini kapal tersebut telah kembali melayani penyeberangan di lintasan Simeulue – daratan Aceh dan sebaliknya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Saat ini, ASDP mengoperasikan tiga kapal feri di kawasan tersebut, yaitu Aceh Hebat 1, Aceh Hebat 3, dan KMP Teluk Sinabang. Kapal-kapal tersebut melayani rute penyeberangan Simeulue – Calang, Simeulue – Labuhan Haji, Simeulue – Singkil-Pulau Banyak, dan Simeulue – Meulaboh (Aceh Barat).

Petugas Operasional ASDP Perwakilan Simeulue, Andi, memastikan bahwa seluruh kapal feri dalam kondisi baik dan siap melayani arus mudik 2024.

Baca Juga :   Wakil Ketua DPRA Safaruddin Reses dengan Aparatur Desa di Kemukiman Rawa Susoh

“Saat ini jumlah penumpang dari Simeulue ke daratan Aceh masih normal, belum ada peningkatan,” kata Andi yang dikonfirmasi Acehglobal, Rabu (3/4/2024).

Namun, Andi memprediksi lonjakan penumpang akan terjadi dari daratan Aceh menuju Simeulue. Hal ini berdasarkan data tahun sebelumnya, di mana arus mudik dari daratan Aceh ke Simeulue selalu lebih padat.

Baca Juga :   Renovasi Rumah Program TMMD 119 Kodim Abdya Masuki Tahap Pemasangan Atap

“Yang dari seberang (daratan Aceh) ke sini yang ramai,” tandasnya.

Menjelang H-Lebaran, ASDP Perwakilan Simeulue akan membatasi kendaraan, khususnya truk barang, untuk menyeberang dengan kapal feri. Prioritas akan diberikan kepada calon penumpang dan kendaraan pribadi.

Selain kapal feri yang dioperasikan ASDP, terdapat juga kapal perintis dan satu kapal feri swasta yang melayani penyeberangan di kawasan Simeulue.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News