Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
NasionalPolitik

Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan Disarankan Nyalon Gubernur Aceh

178
×

Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan Disarankan Nyalon Gubernur Aceh

Sebarkan artikel ini
Capres - Cawapres Nomor Urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menyampaikan keterangan pers usai menghadiri sidang sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK), pada Rabu (27/3/2024). (Foto: Suara.com/Rakha)

Jakarta, Acehglobal — Capres nomor urut 01, Anies Baswedan disarankan untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Aceh pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 serentak.

“Bisa aja kalau dia (Anies) di Aceh. Kan di Aceh menang, Padang menang. Daripada dia gak ikut kemana-mana, masuk KPK,” kata Ketua Umum Perjuangan Rakyat Nusantara (Pernusa), KP Norman Hadinegoro, seperti dikutip Suara.com, Rabu (3/4/2024).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Diketahui, Pernusa adalah salah satu relawan pendukung setia Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Norman, ia menawarkan saran tersebut dengan alasan agar mantan Gubenur DKI Jakarta itu tidak berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga :   Anies Baswedan Unggul di Polling Capres Pilihan Rakyat Aceh

“Dia ikut ke Aceh atau Sumatera Barat. Mudah-mudahan Aceh jadi bagus. Daripada nanti, kasus Jakarta belum selesai. Kasus Jakarta kan tertutup karena dia calon Presiden,” ujarnya.

Norman bahkan memberikan pesan menohok kepada Anies. Pasca kekalahan dalam pertarungan di Pilpres 2024, ia berharap Anies tidak nganggur, karena hal itu bisa menjerumuskannya ke KPK.

“Kalo nganggur, diproses, jangan kasih nganggur, harus ada posisi dia. Mau ikut Prabowo, dia punya utang,” sambung Norman.

Selain menyarankan Anies maju calon Gubernur Aceh, Norman juga meyakinkan bahwa Anies berpeluang besar menang sebagai Gubernur di Pilgub Sumatera Barat (Sumbar).

Baca Juga :   Hari Ini, Anies dan Cak Imin Deklarasi Capres dan Cawapres 2024

Jika hal itu dilakukan Anies, kata Norman, maka Anies akan memiliki modal jika nantinya ingin kembali mencalonkan lagi sebagai presiden RI.

“Pokoknya kalau dia nganggur, urusannya KPK,” imbuh Norman.

Sementara itu, warga Aceh Zulfan Lindan yang menjadi rekan bicara Norman justru mendukung Anies apabila bersedia mencalonkan diri menjadi Gubernur Aceh di Pilgub Aceh.

“Aceh itu sangat strategis di mata internasional,” ungkap Zulfan.

Sebelumnya, hal senada juga diutarakan oleh pengamat politik Hasan Nasbi. Hasan berpendapat bahwa capres nomor urut 01, Anies Baswedan sangat berpeluang besar untuk menjadi Gubernur Aceh ataupun Sumbar.

Ia mengatakan bahwa kedua provinsi tersebut bisa menjadikan Anies Baswedan menjadi gubernur. Banyak faktor yang menurut Hasan bisa membawa Anies jadi orang nomor satu di dua provinsi tersebut.

Baca Juga :   Drs M. Hanafiah Ditetapkan sebagai Sekretaris Baru DPD PAN Abdya

“Jika dirasa DKI 1 sangat sulit, mungkin karena biaya mahal. Partai-partai mungkin sulit di approached, misalnya. Ya Mas Anies bisa pilih Sumatera Barat atu Aceh (untuk jadi Gubernur). Karena pendukungnya solid,” ujar Pendiri Cyrus Network itu.

Menurut Hasan Nasbi, jika Anies bertarung di Pilkada Aceh dan Sumbar bisa dibilang ia tak perlu mengeluarkan biaya banyak. Termasuk, Anies tidak akan menemukan lawan sulit untuk bisa jadi gubernur di dua wilayah tersebut.

“Lawan mungkin juga tak terlalu sulit, bisa dikalkulasi lah,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *