Sinergitas TPP Kuala Batee Abdya Percepat Pemutakhiran IDM 2022

GLOBAL BLANGPIDIE – Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP-P3MD) Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan OJT (On Job Training) tentang Pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2022.

Kegiatan itu dipusatkan di Gedung Serba Guna Gampong Padang Sikabu, Kecamatan Kuala Batee, Abdya, Rabu (20/4/2022) malam kemarin.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Dirjen Kemendesa PDTT Nomor: 7/PRC.01.03/III/2022, tanggal 1 Maret 2022.

“Kegiatan sosialisasi dan OJT pemutakhiran IDM 2022 ini sengaja kami lakukan untuk mempercepat proses penginputan data Desa oleh Pemerintah Gampong,” ujar PIC Pemutakhiran IDM TPP Kuala Batee, M Yusuf Is, Kamis, (21/4/2022).

Ia mengungkapkan, kegiatan penginputan data IDM 2022 ini harus menjadi perhatian seluruh gampong khususnya di Kuala Batee, Abdya. Sebab jadwal pemutakhiran di Kabupaten ditargetkan selesai di akhir April 2022 mendatang.

Sementara, untuk penginputan data pemutakhiran IDM tingkat nasional akan berakhir hingga Juni 2022 mendatang.

“Dengan sosialisasi dan OJT ini, kita berharap nantinya gampong tidak terkendala lagi dalam melakukan pemutakhiran IDM, terutama pada saat proses penginputan oleh Desa,” jelasnya.

“Terlebih batas waktu pelaksanaan pemutakhiran IDM 2022 berlangsung tidak cukup lama,” sambung Yusuf.

Pihaknya juga mengingatkan seluruh gampong untuk menyediakan data Desa yang valid, dan sesuai dengan kondisi yang ada di wilayah masing-masing gampong, seperti data ekonomi, sosial, pendidikan, lingkungan, dan sebagainya.

“Untuk itu, kita harap benar-benar jujur dan memberikan data yang riil dalam pemutakhiran IDM tersebut,” imbuh Yusuf.

Koorcam Kuala Batee itu juga menjelaskan, tujuan dilakukannya pemutakhiran IDM tahun 2022 untuk menentukan status gampong, yakni kategori gampong sangat tertinggal, tertinggal, berkembang, dan maju atau mandiri.

“Kita berharap dalam pemutakhiran IDM tahun 2022 yang dilakukan oleh seluruh Gampong tidak ada kendala dan bisa selesai tepat waktu. kalau memang Gampong menemukan kendala segera berkoordinasi dengan pendamping desa di Gampong, Kecamatan dan Kabupaten,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) TPP-P3MD Abdya , Muhammar Yasir selaku Koordinator Wilayah I (Kuala Batee-Babahrot), Pendamping Desa tingkat kecamatan (PD) dan seluruh (PLD) di wilayah kecamatan Kuala Batee.(*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H