Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Diskominfotik Nagan Raya dan Diskominsa Aceh Gelar FGD Program Smart City

265
×

Diskominfotik Nagan Raya dan Diskominsa Aceh Gelar FGD Program Smart City

Sebarkan artikel ini

Suka Makmue, Acehglobalnews — Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh gelar Focuss Group Discussion (FGD) Pendampingan Penyusunan Rencana Induk Smart City Tahap III.

Kegiatan dengan tema “Mewujudkan Pelayanan Masyarakat yang Lebih Baik” berlangsung di Aula Hotel Grand Nagan Simpang Peut Kecamatan Kuala, Rabu (26/10/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP. SSos.,MSi diwakili Sekretaris Daerah, Ir H Ardimartha, dalam sambutannya menjelaskan, salah-satu sasaran pokok dan arah kebijakan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) Kabupaten Nagan Raya tahun 2005-2025 yang berhubungan dengan sektor Kominfo adalah peningkatan kualitas pendidikan melalui penambahan jumlah dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing, penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, kemampuan berinovasi dan kreativitas serta Penguatan Sistem teknologi komunikasi informasi dan telematika.

Baca Juga :   Mirip Polisi, Polri Bakal Gantikan Lagi Warna Seragam Satpam

“Arah kebijakan ini dipertegas pada rencana pembangunan Nagan Raya 2023-2026 dengan program/kegiatan peningkatan indeks sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE),” kata Ardimartha.

Dikatakan, SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan pelayanan kepada penggunanya.

Baca Juga :   Polres Aceh Utara Gelar FGD Antisipasi Gejolak Pasca Kenaikan BBM

Sekda menjelaskan, program smart city merupakan kegiatan pengembangan dan pengelolaan suatu daerah dengan manfaat teknologi informasi untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada dengan lebih efektif dan efisien.

Tujuan akhir, lanjut Sekda, dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Ditambahkan, dengan smart city diharapkan dapat membantu solusi atas kendala suatu daerah dan memberikan manfaat kepada pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup dalam rangka efesiensi dan efektifitas alokasi sumber daya daerah, mengurangi kesenjangan dalam masyarakat, transparan dan partisipasi publik dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Baca Juga :   Bantu Masyarakat, Pemdes Paya Udeung Sediakan 132 Paket Murah

“Melalui FGD ini saya mengharapkan kepada para peserta penggunkanlah kesempatan ini dalam rangka memajukan Kabupaten Nagan Raya menjadi lebih baik,” pungkas Ardimartha.

Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 26-27 Oktober 2022 dan diikuti pejabat yang menangani perencanaan dari SKPK lingkup Pemerintah Nagan Raya.

Sementara pemaparan materi disampaikan Kabid Layanan E-Government Diskominsa Aceh,
Hendri Dermawan, SKom, Ima Dwitawati, MBA, Twk, Mohd Iqbal, ST.,MT dan Zainal Mahyar, SPd.

Turut hadir Kadis Kominfotik Nagan Raya, Drs Said Amri, Kabid TIK Diskominfotik, Teuku Syamsul Bahri, MKom. (*)