Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
NasionalPemilu 2024

Elektabilitas Capres 2024 di Kalangan Guru, Dosen, PNS, Dokter Hingga Pengacara

573
×

Elektabilitas Capres 2024 di Kalangan Guru, Dosen, PNS, Dokter Hingga Pengacara

Sebarkan artikel ini
Capres Anis Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. (Foto create by Acehglobal)

Jakarta, Acehglobal — Sejumlah lembaga survei telah merilis hasil pemetaan elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, khususnya di kalangan guru, dosen, pegawai negeri sipil (PNS), pegawai swasta, dokter, dan pengacara.

Hasil survei secara umum menunjukkan pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul di semua segmen.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pasangan Prabowo-Gibran berhasil mengungguli pesaingnya, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hasil survei dari beberapa lembaga menyoroti dominasi Prabowo-Gibran dalam elektabilitas.

Elektabilitas Pasangan Capres-Cawapres Menurut Indikator Politik Indonesia

Survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia pada 10-16 Januari 2024, melibatkan 1.200 responden di seluruh Indonesia, mengungkapkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran memimpin dengan elektabilitas sebesar 50.6%.

Baca Juga :   Lolos Peserta Pemilu 2024, Partai Ummat Targetkan Suara Lebih dari PAN

Sementara pasangan Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 30.9%, dan Ganjar-Mahfud berada di posisi ketiga dengan 15.7%. Sebanyak 2.8% responden memilih untuk tidak menjawab.

Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling, dan margin of error sekitar 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Lihat grafik hasil survey >> Indikator Politik Indonesia.

Elektabilitas Menurut LSI

Lembaga Survei Indonesia (LSI) juga melakukan survei pada 10-11 Januari 2024, dengan melibatkan sekitar 1.206 responden yang dipilih secara acak melalui metode double sampling.

Baca Juga :   Pemerintah dan DPR Sepakati Biaya Haji 2023 Rp 49,8 Juta

Hasilnya menunjukkan Prabowo-Gibran mendominasi dengan elektabilitas sebesar 56.0%. Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan 17.1%, dan Ganjar-Mahfud di posisi ketiga dengan 18.0%. Sebanyak 8.8% responden tidak memberikan jawaban.

Dengan metode yang diterapkan, margin of error survei LSI diperkirakan sekitar 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Lihat grafik hasil survey >> LSI.

Hasil Survei Poltracking Indonesia

Poltracking Indonesia turut merilis hasil surveinya pada 1-7 Januari 2024, melibatkan 1.220 responden dari seluruh provinsi. Pasangan Prabowo-Gibran tetap memimpin dengan elektabilitas 41.7%. Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan 31.7%, sementara Ganjar-Mahfud menempati posisi ketiga dengan 20.7%. Sebanyak 5.9% responden tidak memberikan jawaban.

Baca Juga :   Puan Maharani Ungkap 5 Kandidat Cawapres Potensial untuk Ganjar Pranowo

Metode pengambilan sampel menggunakan stratified multistage random sampling, dan margin of error survei ini sekitar 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dengan berbagai survei yang menunjukkan dominasi Prabowo-Gibran, Pilpres 2024 diprediksi menjadi ajang pertarungan sengit antara pasangan calon untuk merebut hati pemilih di kalangan berbagai lapisan masyarakat.

Lihat grafik hasil survey >> Poltracking Indonesia.

Elektabilitas Capres-Cawapres Berbagai Survei Januari 2024

Survei dilakukan pada awal, pertengahan dan akhir Januari 2024. Berikut ada lima lembaga survey yang melakukan survey elektabilitas capres-cawpres 2024 Anis-Muhaimin, Prabowo-Gibran dan Ganjar Mahfud, diantaranya LSI Denny JA, Indikator, LSI, Charta Politika, PWS dan Poltracking.

Screenshot elektabiltas Capres 2024 by Chart Bimo Wiwoho. Sumber: CNN Indonesia.
Simak berita dan artikel lainnya di Google News