Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Artikel IslamRamadhan

Kapan Malam Lailatul Qadar? Ini Penjelasan Ustad Abdul Somad

239
×

Kapan Malam Lailatul Qadar? Ini Penjelasan Ustad Abdul Somad

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi - Malam Lailatul Qadar. (Foto: Pinterest)

ACEHGLOBALNEWS.COM — Malam Lailatul Qadar, bagaikan permata tersembunyi di bulan Ramadhan. Kedatangannya sangat dinanti-nanti umat Islam, diiringi rasa penasaran dan penuh harap.

Malam yang dijanjikan lebih mulia dari seribu bulan ini, diselimuti misteri tentang waktu kedatangannya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Menurut Abdul Somad (UAS), sebagaimana dikutip dari YouTube Kun Ma Allah (1/4/20234), dalam karya Ibnu Katsir yang berjudul tafsir Al Qur’an al-adzim, waktu turunnya Lailatul Qadar pada 355 malam dalam setahun, atau dispesifikkan lagi pada 29-30 malam di bulan Ramadan.

Baca Juga :   Tidak Sengaja Makan Saat Puasa, Batal atau Tidak?

“Malam yang keberapa Ramadan (datangnya lailatul qadar)? Allah tidak menyebutkan (rincian malam keberapa datangnya lailatul qadar),” jelas UAS.

UAS menerangkan tiga pendapat ulama yang mengemukakan tentang waktu jatuhnya Lailatul Qadar.

Pertama, kata UAS, malam Lailatul Qadar jatuh pada malam pertama bulan Ramadhan. Pendapat ini dikemukakan oleh Abi Razin Al-Uqaili Ash-Shahabi, berdasarkan hadits dari Ibnu Abbas RA, “Malam lailatul qadar itu jatuhnya pada malam pertama bulan Ramadhan”.

Pendapat kedua, Madzhab Syafi’i meyakini bahwa Lailatul Qadar datang pada malam ke-17 Ramadan.

Dalilnya didasarkan pada Surat Al Anfaal ayat 40, yang dikaitkan dengan peristiwa Perang Badar yang terjadi pada malam tersebut.

Baca Juga :   Shalat Tarawih 8 Rakaat atau 20 Rakaat? Begini Penjelasan Buya Yahya

“Yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS Surat Al Anfaal: 40).

Dari ayat di atas, dijelaskan UAS bahwa lailatul qadar menurut Madzab Syafii datang pada malam 17 Ramadan, yakni malam saat terjadinya perang Badar.

Pendapat lain, kata UAS, datangnya malam Lailatul Qadar yaitu, pada 10 terakhir bulan Ramadhan. Pendapat ini diriwayatkan oleh Aisyah RA, dan diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga :   Berkunjung ke Aceh, Ini Rangkaian Kegiatan yang dilakukan UAS

Nabi bersabda, “Carilah Lailatul Qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR Bukhari & Muslim)

Meskipun waktu pasti Lailatul Qadar tidak diketahui, umat Islam tetap dianjurkan untuk meningkatkan ibadah di 10 malam terakhir Ramadhan. Memperbanyak salat malam, tadarus Al-Qur’an, dan memanjatkan doa merupakan amalan yang dianjurkan.

Malam Lailatul Qadar adalah hadiah istimewa dari Allah SWT bagi hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh.

Semoga di bulan Ramadhan tahun ini, kita berkesempatan untuk meraih malam penuh berkah dan kemuliaan tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *