Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Kodim Abdya Gelar Pembinaan Kesiapan Aparatur Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial

624
×

Kodim Abdya Gelar Pembinaan Kesiapan Aparatur Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial

Sebarkan artikel ini
Kodim 0110/Abdya menggelar Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparatur Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial yang berlangsung di Aula Makodim setempat, Kamis (26/8/2021). FOTO/IST.

GLOBAL BLANGPIDIE – Kodim 0110/Abdya menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparatur Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan III TA 2021 melalui Progja Staf Ter.

Kegiatan berlangsung di Aula Makodim setempat, Jalan Bukit Hijau Gampong Keude Paya, Kecamatan Blangpidie, Kamis (26/8/2021).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasiter Korem 012/TU, Mayor Arh Boy Iswarmen. Sementara Dandim Letkol Inf Achmad Hisom Baihaki diwakili oleh PLH Pasi Ter 0110/Abdya, Kapten Inf Mohd Arifin.

Selain itu juga hadir para perwira jajaran Kodim 0110/Abdya dan para Danramil, serta para personel Babinsa.

Baca Juga :   Babinsa dan Bhabinkamtibmas Pantau Penyaluran BLT di Kecamatan Jeumpa

Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Untuk diketahui, pembinaan teritorial atau Binter merupakan salah satu fungsi utama TNI-AD. Setiap satuan jajaran TNI-AD dalam situasi apapun harus melaksanakan Binter tersebut guna mendukung tugas pokoknya dalam penyelenggaraan sistem pertahanan negara.

Kasiter Korem 012/TU, Mayor Arh Boy Iswarmen mengatakan TNI AD sebagai TNI dituntut untuk dapat memaksimalkan fungsi satuan teritorial dalam mempersiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini.

“TNI AD harus menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut, dimana peran satuan teritorial adalah menciptakan kekuatan kewilayahan yang dapat diandalkan sehingga secara nyata terciptanya daya tangkal yang tangguh,” ujar Mayor Arh Boy Iswarmen.

Baca Juga :   Persiapan Masa Panen Padi, Babinsa Lakukan Pendampingan Petani

Kasiter menyampaikan pentingnya sosialisasi ini bagi prajurit Kowil dengan tujuan kedepan dapat memahami tugas dan fungsinya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikannya di lapangan.

Ia juga menegaskan, Babinsa merupakan garda terdepan dalam tugas kewilayahan TNI-AD wajib meningkatkan kesiapan kewilayahan dan kemampuan teritorial.

Sementara itu, PLH Pasi Ter Kodim 0110/Abdya, Kapten Inf Mohd Arifin dalam paparannya menjelaskan TNI-AD berupaya melaksanakan pembinaan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan prajurit komando wilayah sesuai dengan tuntutan dan aturan yang ada.

Baca Juga :   Pemilik Usaha Dunia Bunga Menangkan Pilchiksung Kepala Bandar Susoh

Dikatakan Pasiter, kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter yang dilaksanakan pada setiap triwulan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya prajurit, kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

“Semoga melalui kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan ini bisa memberikan motivasi, dan dorongan bagi prajurit Kodim 0110/Abdya dalam rangka mensukseskan tugas pokok aparat kewilayahannya,” ungkap Pasiter.

Usai pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Adat Istiadat dan Budaya di masyarakat di wilayah desa binaan, Sikap Teritorial, Metode Binter dan Kemampuan Binter. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News