Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Berita

Puluhan Mualaf di Abdya Dapat Pembinaan dari Baitul Mal

281
×

Puluhan Mualaf di Abdya Dapat Pembinaan dari Baitul Mal

Sebarkan artikel ini
Pimpinan Dayah Al Mubarrakah Seunaloh Blangpidie, Tgk Ahmad Azhar Hasan (Abati) saat memberikan pembinaan dan bimbingan kepada puluhan mualaf di kantor Baitul Mal Abdya, Selasa (21/11/2023). Foto: Acehglobal/Ist.

Blangpidie, Acehglobal — Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (BMK Abdya) memberikan pembinaan dan bimbingan kepada 44 orang mualaf yang tersebar di seluruh Kecamatan dalam Kabupaten setempat, Selasa (21/11/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor BMK Abdya di lantai dasar Masjid Agung Baitul Ghafur itu dibuka langsung oleh Ketua Baitul Mal Abdya, Zulbaili.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ketua Baitul Mal Abdya, Zulbaili melalui anggota Tgk Syamsul Qamar mengatakan kegiatan pembinaan tersebut bertujuan untuk memperkokoh aqidah para mualaf yang telah mendapatkan hidayah dari Allah SWT agar tetap teguh menjadi seorang muslim yang sejati.

Baca Juga :   Begini Kronologi Dua Korban Meninggal Tertimpa Tiang Listrik di Aceh Selatan

“Ini kegiatan pembinaan yang kita berikan dengan harapan dapat menambah pemahaman tentang agama Islam kepada para mualaf yang ada di kabupaten Abdya,” ujar Tgk Syamsul.

Tgk Syamsul menegaskan bahwa para mualaf itu harus dibimbing, dijaga dan harus dilindungi. Diakuinya berbagai persoalan yang kerap dihadapi para mualaf diantaranya seperti persoalan keluarga, terhimpit ekonomi dan persoalan pekerjaan.

“Oleh karena itu, kita butuh semua pihak untuk ikut dalam pembinaan mualaf, sehingga mualaf menjadi muslim yang seutuhnya,” imbuhnya.

Menurut Tgk Syamsul, sering kali pemahaman yang berkembang bahwa seseorang yang masuk Islam hanya sebatas mengucapkan ikrar syahadat dan setelah itu selesai.

Baca Juga :   Seminar Sommasi, Dukung Lanjutkan Kepemimpinan Pj Bupati Darmansah

“Padahal, tugas kita lebih dari pada itu yaitu ikut bertanggung jawab dengan terus memberikan ilmu agama agar dapat diamalkan oleh mereka,” katanya.

Menyikapi persoalan tersebut, Baitul Mal lanjut Tgk Syamsul, pada tahun 2023 menyalurkan santunan masing-masing Rp1,5 juta kepada 21 mualaf dengan kriteria dibawah 3 tahun setelah memeluk Islam.

“Selain itu, Baitul Mal juga meluncurkan program pemberdayaan ekonomi mualaf dalam bentuk pemberian modal usaha bagi mualaf yang memiliki jiwa berwirausaha,” pungkasnya.

Kegiatan yang digelar satu hari penuh ini, juga dihadiri anggota Badan Baitul Mal yang lain yakni Salman Syarif S.P, Asmaul Husna Amd dan Tgk Hirman, S.Pd.I, Sekretaris Baitul Mal Iin Supardi, S.S, M.E.I.

Baca Juga :   Hipelmabdya Pertanyakan Pencairan Beasiswa Pemkab Abdya

Para mualaf yang hadir dibimbing langsung oleh empat narasumber yaitu Tgk Musliadi dari MPU Abdya, Tgk Ahmad Azhar Hasan (Abati) Pimpinan Dayah Al Mubarrakah Seunaloh Blangpidie, Dr. Salman Al Farisi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Abdya, dan Tgk Syamsul Qamar dari Baitul Mal.

Pada kegiatan tersebut, Baitul Mal Abdya juga menyerahkan bantuan sarana ibadah kepada para mualaf, diantaranya sarung, mukena, Al Qur’an, buku tajwid, dan buku tuntunan shalat lengkap, serta sembako kebutuhan rumah tangga.(*)

Editor : Ijoel F