Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Kunjungi Abdya, Ulama Palestina Syekh Bahauddin Ceritakan Kondisi Terkini di Daerah Al Aqsa

387
×

Kunjungi Abdya, Ulama Palestina Syekh Bahauddin Ceritakan Kondisi Terkini di Daerah Al Aqsa

Sebarkan artikel ini
Syekh Bahauddin bersua foto bersama jemaah masjid Baiturrahim Gampong Pantai Perak, Kecamatan Susoh, Abdya, Sabtu (16/3/2024). Foto: Acehglobal / Salman.

Blangpidie, Acehglobal – Syekh Bahauddin, seorang ulama asal Palestina, mengunjungi Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam rangka silaturahmi safari Ramadan. Pada kesempatan ini, beliau menceritakan kondisi terkini di daerah Al Aqsa Gaza yang memprihatinkan.

Syekh Bahauddin mengungkapkan bahwa warga Palestina masih mengalami penindasan luar biasa dari Israel dalam upaya mereka mempertahankan Masjid Al-Aqsa.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Para orang-orang muslim yang ada di sana mengalami penindasan luar biasa dari Israel yang merupakan yahudi zionis,” ujar Bahauddin yang diterjemahkan oleh Ustad Indra dari Lembaga Kemanusiaan Sinar Dakwah Aceh di Masjid Baiturrahim Gampong Pantai Perak, Kecamatan Susoh, Abdya, Sabtu (16/3/2024).

Baca Juga :   Begini Cara Masyarakat Gampong Kayee Jatoe Pidie Meriahkan Hari 'Asyura Tahun Ini

Sejak 7 Oktober 2023, kata Syekh Bahauddin, rakyat Palestina terus diserang tentara zionis, mengakibatkan Gaza hancur total, lebih dari 1.000 masjid hancur, dan rumah sakit dibom.

Ia mengatakan peperangan di Palestina bukan hanya menjadi peperangan warga Palestina semata, akan tetapi juga bagian dari perang umat Islam dalam melawan Yahudi. Syekh Bahauddin juga menyebutkan, lebih dari 31.000 warga Palestina telah syahid dan 70.000 lainnya mengalami luka berat akibat kebrutalan Israel.

“Anak-anak, perempuan, dan ibu-ibu lansia menjadi kelompok yang paling rentan dalam situasi ini. Peperangan ini juga mengakibatkan kelaparan bagi warga Gaza,” tutur Guru Tahfidz Al Quran itu.

Syekh Bahauddin berharap umat muslim di Aceh, khususnya Abdya, untuk terus memberikan dukungan dan sokongan terhadap rakyat Palestina. Dukungan ini dapat dilakukan melalui doa, infak, dan kampanye pembebasan Masjid Al Aqsa hingga negeri para nabi itu menggapai kemerdekaan mereka.

Baca Juga :   Kapolri Tinjau Vaksinasi Serentak di Kabupaten Pidie

Sementara itu, Koordinator Lembaga Kemanusiaan Sinar Dakwah Aceh, Ustad Irhamullah, menjelaskan bahwa kunjungan ke Masjid Baiturrahim Pantai Perak Susoh ini merupakan yang ketiga Syekh Bahauddin ke Abdya.

“Sebelumnya, kami bersama beliau telah mengunjungi Masjid Jamik Rawa Susoh dan Masjid Amaliyah Palak Kerambil. Selanjutnya besok subuh ke masjid Agung Abdya,” sebutnya.

Di Masjid Baiturrahim Pantai Perak Susoh, Syekh Bahauddin bertindak sebagai imam salat Isya, Tarawih, dan witir. Turut hadir pengurus Dewan Dakwah Abdya, Ustad Ir Zuhardi dan Ilman Syahputra, Keuchik Gampong Pantai Perak, serta pengurus BKM Baiturrahim.

Baca Juga :   Nasir Nurdin Terpilih sebagai Ketua PWI Aceh

Kegiatan kunjungan Syekh Bahauddin dikemas dalam bentuk safari Ramadan, sekaligus penggalangan donasi untuk membantu rakyat Palestina dilakukan di sejumlah masjid di Aceh. Safari tersebut, kata Ustad Irhamullah hanya berlangsung hingga 20 Ramadan.

Tim Sinar Dakwah Aceh yang mendampingi Syekh Bahauddin hanya dapat mengunjungi beberapa daerah, yaitu Banda Aceh, Aceh Besar, Abdya, Aceh Selatan, Pidie, Sabang, Bireuen, dan Lhokseumawe.

“Insyaallah, besok kami dan tim bersama Syekh akan bergerak ke Aceh Selatan,” pungkas Irhamullah.

Diinformasikan bagi masyarakat Aceh, khususnya Abdya yang ingin membantu rakyat Palestina, Sinar Dakwah Aceh menyediakan rekening donasi ke Palestina yaitu Bank Syariah Indonesia Nomor Rekening: 2024007777 an. Sinar Insan Palestina.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *