BPRS Mustaqim Aceh Buka Lowongan Direksi, Ini Syarat dan Tata Cara Pendaftarannya

GLOBAL BANDA ACEH – PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Mustaqim Aceh, kini membuka kesempatan kepada masyarakat yang memiliki kompetensi untuk mengisi kekosongan jabatan utama di lembaga perbankan tersebut. Kali ini lowongan terbuka untuk mengisi jabatan Direksi.

Ada tiga posisi yang dibuka untuk seleksi, yakni Direktur Utama (Dirut), Direktur Operasional (DO) dan Direktur Kepatuhan (DK).

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Seleksi Direksi BPRS Mustaqim Aceh, Makmur mengatakan rekrutmen ini dimulai terhitung sejak hari ini, Selasa 8 Maret sampai dengan 16 Maret 2022.

“Kami mengundang kalangan profesional yang berkompeten untuk menempati posisi Direksi BPRS Mustaqim, pendaftaran dapat dilakukan setiap jam kerja pada pukul 08.30 sampai 16.30 wib sesuai tanggal yang ditentukan,” kata Makmur, Senin (7/3/2022) malam.

Makmur menjelaskan, pendaftaran dapat dilakukan secara offline dan online. Jika mendaftar secara offline peserta dapat mendatangi langsung Sekretariat Panitia Seleksi Calon Anggota Direksi PT. BPRS Mustaqim Aceh (Perseroda), dengan alamat Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Aceh, Jalan T. Nyak Arief No. 219, Banda Aceh.

“Jika mendaftar online, maka dapat mengirim surat permohonan melalui email: panselbprsmustaqim@gmail.com,” sebutnya.

Makmur mengatakan, masing-masing pelamar atau calon Direksi nantinya akan melewati empat tahapan seleksi. Yakni, seleksi administrasi 14- 17 Maret 2022, ujian tulis 21 Maret 2022, asesmen kompetensi 23 Maret 2022 dan uji kelayakan dan kepatutan melalui wawancara pada 28 Maret 2022.

Syarat Pendaftaran

Ada sejumlah berkas persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi bagi calon Direksi BPRS Mustaqim Aceh sebagai berikut:

1. Mengajukan Surat Lamaran,
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP),
3. Berusia maksimal 55 tahun pada saat dikeluarkannya pengumuman seleksi,
4. Akta kelahiran yang dilegalisir oleh lembaga berwenang,
5. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan dokter dari rumah sakit pemerintah,

6. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm berwarna dengan latar belakang biru sebanyak 4 (empat) lembar,
7. Fotokopi ijazah minimal S-1 dan transkrip nilai yang dilegalisir,
8. Daftar riwayat hidup (CV),
9. Surat keterangan bebas narkoba yang dikeluarkan dari Rumah Sakit Pemerintah atau BNN,
10. Surat Keterangan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana dari lembaga terkait,

11. Memiliki keahlian dan pengalaman kerja di bidang perbankan dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK), Surat Keterangan, sertifikat dan lain-lain,
12. Surat pernyataan bersedia bekerja penuh waktu (bermaterai cukup).

Untuk pelamar posisi Dirut dan DO harus memenuhi persyaratan kompetensi, yaitu memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun sebagai pejabat di bidang pendanaan dan/atau pembiayaan di perbankan dibuktikan dengan SK Jabatan atau Surat Keterangan/Rekomendasi dari Instansi tempat bekerja sebelumnya.

Sementara, untuk pelamar posisi DK, minimal 2 (dua) tahun pernah bertugas sebagai pejabat di bidang risiko perbankan dan memiliki kompetensi manajemen risiko yang dibuktikan dengan sertifikat manajemen risiko.

Kemudian, pelamar harus membuat dan menyajikan proposal/makalah mengenai visi dan misi pengembangan bank, serta Rencana Bisnis maksimum 10 (sepuluh) lembar dan Power Point untuk dipresentasikan sebanyak-banyaknya 5 (lima) slide untuk posisi DU dan DO.

Sementara untuk posisi DK, pelamar harus membuat dan menyajikan proposal/makalah mengenai visi dan misi pengendalian risiko bank maksimum 10 (sepuluh) lembar dan PowerPoint untuk dipresentasikan sebanyak-banyaknya 5 (lima) slide.

Lalu, pelamar harus melampirkan sejumlah surat pernyataan, yaitu, surat pernyataan (bermaterai cukup) tidak memiliki kredit dan/atau pembiayaan macet yang dibuktikan dengan dokumen pendukung berupa hasil pengecekan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) – OJK, bagi yang pernah atau memiliki kredit/pembiayaan pada perbankan.

Selanjutnya, surat pernyataan tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara atau keuangan daerah (bermaterai cukup), Surat Pernyataan bersedia bertempat tinggal di Banda Aceh (bermaterai cukup); dan Surat Pernyataan tidak sedang menjadi pengurus partai politik (bermaterai cukup).

Tata Cara Pendaftaran

Adapun tata cara pendaftarannya adalah dengan membuat surat Permohonan ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Direksi PT. BPRS Mustaqim Aceh (Perseroda) yang ditandatangani pelamar, bermaterai cukup dengan mencantumkan informasi nomor telepon (rumah atau HP dan E-mail) yang aktif dan dapat dihubungi.

Berkas pendaftaran/permohonan dikirim/disampaikan langsung kepada Sekretariat Panitia Seleksi Calon Anggota Direksi PT. BPRS Mustaqim Aceh (Perseroda) di Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Aceh, Jalan T. Nyak Arief No.219 Banda Aceh, dengan urutan/susunan persyaratan dan lampiran sebagaimana urutan tersebut pada poin B (Persyaratan Pelamar) atau melalui email: panselbprsmustaqim@gmail.com selambat-lambatnya tanggal 16 Maret 2022.

Bagi yang mengirim melalui email, wajib menyerahkan dokumen asli lamaran kepada panitia pada saat mengikuti seleksi ujian tulis. Surat lamaran beserta lampiran persyaratan dimasukkan dalam map kuning (DU), map hijau (DO) dan map biru (DK) dimasukkan dalam amplop tertutup.

Berkas lamaran yang tidak lengkap dan tidak sesuai persyaratan administrasi tidak diproses dan pelamar dinyatakan GUGUR. Kemudian menyampaikan proposal/makalah dalam bentuk cetak (hard copy) dan dalam bentuk file (soft copy) 1 (satu) Flash Disk serta dalam format PowerPoint sebagai bahan presentasi. (*)

Pos terkait

Plt Ketua DPRA Safaruddin ucapan selamat Idul Fitri 1443 H