Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Masuki Musim Kemarau, Kodim Abdya Gelar Latihan Gabungan Penanggulangan Kebakaran

232
×

Masuki Musim Kemarau, Kodim Abdya Gelar Latihan Gabungan Penanggulangan Kebakaran

Sebarkan artikel ini
Masuki Musim Kemarau, Kodim Abdya Gelar Latihan Gabungan Penanggulangan Kebakaran. Foto: Acehglobal/Istimewa.

Laporan: Redaksi | Editor: Salman

BLANGPIDIE – Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan menanggulangi bencana kebakaran di hutan lahan dan pemukiman, Kodim 0110/Abdya menggelar latihan penanggulangan bencana alam (Latgulbencal), terpusat di komplek Makodim setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Rabu (25/5/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Latihan yang digelar secara terintegrasi dan bersinergi ini diikuti tiga ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, BPBK-Damkar, Tagana, Dinsos, Dinkes dan komponen masyarakat.

Gelaran latihan yang berlangsung selama satu hari penuh ini dimulai dengan apel pemeriksaan pasukan dan Sarpras pendukung dipimpin langsung Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Roqich Hariadi beserta Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha dan Kepala BPBK Abdya, Armayadi.

Baca Juga :   Denpom IM Cek Kendaraan Prajurit Kodim Abdya

Dandim mengatakan kegiatan ini digelar untuk mengintegrasi seluruh komponen yang ada di Abdya dalam menanggulangi bencana kebakaran. Menurutnya, saat musim kemarau potensi kebakaran dalam wilayah setempat cukup tinggi.

“Sangat rawan terjadi kebakaran hutan, lahan dan pemukiman. Untuk itu dengan terintegrasinya latihan ini diharapkan masing-masing sudah tahu apa berbuat apa dan bagaimana bila ada kebakaran. Walaupun itu tidak kita inginkan bersama,” katanya.

Dandim berharap kepada seluruh masyarakat tetap selalu waspada dan menghindari segala kegiatan yang bisa memicu kebakaran seperti membakar rumput untuk mempercepat pembersihan lahan, membuang puntung rokok sembarangan, dan abai tidak menjaga keamanan instalasi listrik.

Baca Juga :   Kodim Abdya Salurkan Bantuan Nutrisi Tambahan untuk Anak Stunting

Dandim Abdya ini juga menegaskan pihaknya telah mewajibkan prajurit di jajarannya untuk turun langsung ke lokasi membantu masyarakat, bilamana terjadi bencana.

“Jadi tidak harus menunggu perintah dari saya. Saat itu juga prajurit wajib bergabung bersama Kepolisian, BPBK dan pihak lainnya membantu masyarakat sehingga kerugian jiwa dan materil bisa kita eliminir,” tandasnya.

Salah satu peserta, Fitriyani (24) mengaku senang bisa mengikuti kegiatan latihan penanggulangan kebakaran. Menurutnya hal itu sangat bermanfaat. Peserta jadi mengetahui bagaimana cara memadamkan kebakaran api yang baik dan benar.

Baca Juga :   Momentum Isra Mi'raj, Kodim Abdya Shalat Istighasah Bersama Napi

“Bagus. Menambah pengetahuan terutama bagi kami ibu-ibu yang bisa terjadi akibat api kompor maupun lainnya. Kami harap latihan bisa dilakukan secara berkesinambungan,” singkatnya.

Dalam latihan tersebut, seluruh peserta latihan dikenalkan berbagai jenis Alat Pemadam Kebakaran (APK) beserta dengan teori spesifikasi dan praktek penggunaan. Peserta juga diberikan edukasi tentang penanganan korban akibat kebakaran. Materi latihan ini secara keseluruhan diaplikasikan melalui simulasi penanggulangan kebakaran di pemukiman dan hutan lahan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *