Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaPendidikan

Perdana di Abdya, Kemenag Bakal Launching Kelas Digital di Madrasah

875
×

Perdana di Abdya, Kemenag Bakal Launching Kelas Digital di Madrasah

Sebarkan artikel ini
Kakankemenag Abdya, Salman Al Farisi saat berkunjung memantau persiapan peluncuran kelas digital perdana di MTsN 1 Aceh Barat Daya, Kamis (10/8/2023). Foto: Acehglobal/Muhammad Nasir.

BLANGPIDIE – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat Daya (Kemenag Abdya) Dr. H. Salman Al Farisi SAg, MPd, didampingi Kasi Pendis dan Kepala MTsN bakal launching Kelas Digital Perdana di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Abdya.

Peluncuran kelas digital dilakukan untuk mendukung program prioritas Kementerian Agama dalam menghadapi perkembangan zaman melalui Transformasi Digitalisasi. Kelas Digital ini diharapkan dapat melayani kebutuhan siswa secara cepat seiring dengan peningkatan layanan untuk meningkatan mutu pendidikan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Kami mengapresiasi atas upaya MTsN 1 Abdya dalam membangun Kelas Digital perdana di Abdya, satu-satunya madrasah negeri jenjang Tsanawiyah yang menerapkan pendidikan melalui Transformasi Digitalisasi,” kata Salman di lokasi sekolah MTsN 1 Abdya, Kamis (10/8/2023).

Lebih lanjut dikatakannya, kelas digital merupakan suatu proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi modern. Langkah cepat pihak sekolah MTsN 1 Abdya membuat sebuah ruang kelas digital dinilai salah satu persiapan untuk menghadapi perkembangan zaman.

Baca Juga :   HUT Ke 50, Bank Aceh Gelar Expo UMKM, Ini Harapan FPMPA

“Sebuah inovasi baru yang ditawarkan dalam sistem Pendidikan Indonesia saat ini, khususnya di MTsN 1 Abdya, kelas digital akan menghilangkan batasan bagi siswa menjelajah ilmu. Semua dapat dipelajari, sehingga pembelajaran tak berlangsung hanya di kelas lokal, namun dapat mencapai global,” tutur Salman menjelaskan.

Lanjutnya lagi, untuk persiapan kelas digital tentu akan berbeda dengan ruang kelas pada umumnya. Hal ini di karenakan perangkat yang di gunakan untuk Kelas tersebut adalah perangkat teknologi untuk mencakup informasi pendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Kita berharap MTsN 1 Abdya ini bisa menjadi contoh bagi madrasah yang lain untuk mengimplementasikan kelas digital. Begitu juga dengan para pendidik di seluruh madrasah Abdya, agar lebih giat lagi mengembangkan diri, sebagai persiapan mengikuti perkembangan zaman yang takberbatas,” pungkasnya

Baca Juga :   Kejari dan Pemkab Abdya Bakal Hadirkan Balai Rehabilitasi bagi Pengguna Narkoba

Hal senada juga diungkapkan Kepala Seksi Pendidikan Islam (Kasi Pendis) Kantor Kemenag Abdya, Adihar S.Pd.I MA. Menurutnya, program Kelas Digital merupakan terobosan terbaru di MTsN 1 Abdya yang dirancang untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui komputer atau laptop.

“Ini adalah program unggulan, semua dapat memantau proses belar mengaja, guru, siswa, orang tua murid dan kepala sekolah.
Masing- masing memiliki akun yang bisa diakses pada saat proses belajar mengajar,” kata Adihar.

“Selain itu, keunggulan ruang kelas digital akan difasilitasi dengan AC, jaringan WiFi dan semua aktivitas pembelajaran didalamnya berbasis digital mulai dari pemberian materi hingga sistem penilaian,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Ia mengajak semua jajaranya agar dapat mengoptimalisasi fasilitas yang dimiliki saat. Hal itu dimaksut agar tujuan pelayanan pendidikan terutama proses KBM secara digital berjalan sesuai harapan.

“Transformasi digitalisasi itu harus ada di semua aspek, termasuk layanan penerimaan pendaftaran siswa-siswi tahun ajaran baru, tidak harus lagi membawa berkas banyak-banyak cukup di online-kan saja kemudian di arsipkan di Google Drive atau media lain,” kata Adihar.

Baca Juga :   Tragis, Mobil Avanza Terjun ke Jurang Sedalam 10 Meter di Nisam Aceh Utara

Selain Kasi Pendis, Kepala MTsN 1 Abdya, Erdiwar, menyambut baik atas kehadiran Kepala Kantor Kemenag Abdya yang telah memberikan dukungan dan motivasi untuk menyukseskan program tersebut.

Ia berjanji, akan mengupayakan yang terbaik agar proses peluncuran kelas digital disekolahnya berjalan sesuai harapan. “InsyaAllah untuk kedepan kita akan upayakan lebih banyak lagi kelas digital, dengan harapan semoga dengan inovasi ini akan melahirkan puta putri terbaik untuk bangsa,” ucap Erdiwar singkat.

Informasi yang di himpun Acehglobal, peluncuran Kelas digital di sekolah tersebut rencananya akan di launching akhir bulan ini yang dihadiri langsung oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. Azhari. (*)

Editor: SSY

Simak berita dan artikel lainnya di Google News