Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Ekonomi

Perkuat UMKM, Bang Ami Lakukan Audiensi Dengan Sekdep Usaha Mikro Kemenkop RI

387
×

Perkuat UMKM, Bang Ami Lakukan Audiensi Dengan Sekdep Usaha Mikro Kemenkop RI

Sebarkan artikel ini
Bang Ami berfoto dengan Sekretaris Deputi Usaha Mikro, Kemenkop RI, A.H Novieta usai melakukan audiensi di Jakarta, Rabu (3/5/2023) lalu. Foto/Ist

Reporter : Ikhwan 

BANDA ACEH – Bang Ami, seorang penggiat usaha muda yang juga pendiri Lentera Muda Karya (Lemka) Foundation, melakukan audiensi dengan Sekretaris Deputi Usaha Mikro, Kemenkop RI, A.H Novieta di Jakarta pada Rabu (3/5/2023) lalu.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mendukung akselerasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Banda Aceh.

Dalam pertemuan tersebut, Bang Ami menyampaikan pandangannya terhadap potensi-potensi UMKM yang ada di Banda Aceh.

Baca Juga :   Mulai 1 September, BPRS Mustaqim Aceh Beroperasi Secara Syariah

“Potensi-potensi UMKM di Banda Aceh perlu adanya pendampingan, terutama pada tahap branding sampai ke tahap marketing dan tak berlebihan jika kedepannya akan ada beberapa produk UMKM di Banda Aceh yang memasuki pasar ekspor,” ungkap Bang Ami.

Dilihat dari angka statistik, jumlah UMKM Banda Aceh terus mengalami pertumbuhan, di mana pada 2021 sebanyak 16.970 usaha, dan hingga Februari 2022 sudah mencapai 17.080 unit usaha.

“Maka untuk ke depannya kita terus berikhtiar dan optimis seiring peningkatan kuantitas juga tak luput daripada peningkatan kualitas hingga produk-produk UMKM di Banda Aceh memiliki daya saing tinggi di kancah nasional maupun internasional ke depannya,” ujar Bang Ami.

Baca Juga :   DPRA Desak Pemerintah Aceh Tambah Kuota BBM Subsidi ke Pertamina

Menurutnya, beberapa UMKM yang bergerak di bidang Fashion dan hand craft yang secara spesifik produknya tergolong otentik dan memiliki daya tarik.

Namun, sayangnya tak sedikit dari pelaku UMKM tersebut belum mengurus izin usaha dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap brand mereka, tak ayal juga jika berbicara mengenai ekspansi pasar ke kancah nasional dan ekspor.

Baca Juga :   Bertemu Menteri Investasi, Gubernur Aceh Bahas Kelanjutan Investasi UEA di Aceh Singkil

Karena itu, Bang Ami sebagai pemuda Kota Banda Aceh berharap pada Kementerian Koperasi dan UKM RI agar dapat memberi perhatian pada pelaku UMKM di Banda Aceh berupa fasilitas pendidikan melalui pelatihan mengenai UMKM.

“Hal ini nantinya dapat sekaligus mendampingi UMKM yang ada di Kota Banda Aceh agar memiliki kesempatan untuk meng-scale up produknya hingga berdampak pada ekspansi market di kancah nasional maupun internasional,” pungkasnya. (*)

Editor : Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *