Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaPendidikan

SLB Negeri Syech Abdurrauf Gelar Workshop ABA Autisme

517
×

SLB Negeri Syech Abdurrauf Gelar Workshop ABA Autisme

Sebarkan artikel ini

Reporter: Roni Syahputra Berutu

Subulussalam, AcehGlobalNews – Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Syech Abdurrauf Kota Subulussalam menggelar workshop analisis perilaku terapan atau applied behaviour analysis (ABA) autisme bagi guru dan orang tua siswa SLB.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan berlangsung di aula SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam. Acara dilaksanakan selama dua hari, mulai 12 sampai 13 Desember 2022 yang diisi panelis dari terapis, guru pembina SLB Provinsi Aceh dan Kacabdin Pendidikan Aceh.

Baca Juga :   Peringati HGN 2022, PERGUNU Aceh Santuni Siswa Yatim Piatu

Kepala SLB Negeri Syech Abdurrauf, Ira Hariati Angkat S.Pd mengatakan sekolah yang dipimpinnya belum memiliki guru berlatar belakang pendidikan khusus. Kegiatan ini bertujuan agar tenaga guru yang ada dapat memberi terapi kepada siswa autis.

Baca Juga :   Pasca Pilchiksung, Forsekdesi Abdya Minta Keuchik Terpilih Selektif Memilih Aparatur Desa

“Murid kami jenis kekhususan siswanya didominasi oleh siswa autis, jadi butuh guru yang berlatar belakang pendidikan khusus,” kata Ira Hariati Angkat.

Diharapkannya, guru dan orang tua siswa bisa mengaplikasikan metode ABA di sekolah dan di rumah, sehingga siswa autis dapat berubah perilakunya menjadi lebih positif berkat terapi ABA yang diterapkan.

Baca Juga :   Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Lampaui Target

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, para guru dan para orang-tua dapat lebih menjiwai kondisi anak-anak,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Subulussalam-Singkil, Antoni Berampu mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai upaya peningkatan kompetensi guru dan orang tua siswa.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut, sangat bermanfaat sekali,” ujar Antoni.[]