Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Wujudkan Sinergitas, Forum Imum Mukim Abdya Sambangi DPMP4

272
×

Wujudkan Sinergitas, Forum Imum Mukim Abdya Sambangi DPMP4

Sebarkan artikel ini
Kepala DPMP Abdya, Nur Afni Muliana berfoto bersama Imum Mukim usai mengadakan pertemuan di kantor dinas setempat, Selasa (21/2/2023).

Blangpidie – Forum Imum Mukim se Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berkunjung ke kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Kabupaten setempat, Selasa (21/2/2023).

Kedatangan Forum Imum Mukim tersebut disambut baik oleh Kepala Dinas DPMP4 Abdya, Nur Afni Muliana beserta jajarannya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kepala DPMP4 Abdya, Nur Afni Muliana mengatakan kedatangan para Imum Mukim tersebut dalam rangka melakukan koordinasi terkait kewenangan mereka dalam melaksanakan tugas memimpin kemukiman pada 9 kecamatan di Abdya.

Baca Juga :   Pj Bupati dan Kejari Abdya Teken MOU Bidang Hukum PTUN

“Para Imum mukim yang hadir ialah yang sudah terpilih dan definitif untuk melakukan koordinasi dengan kita di DPMP4, karena mukim ini juga salah satu kegiatan dari pemerintah,” ujar Afni.

Ia menambahkan, ada beberapa tugas Imum Mukim yang berhubungan erat dengan peran dan fungsi DPMP4, seperti melakukan pengawasan terhadap beberapa wilayah desa.

“Mukim juga mempunyai tanggung jawab terhadap masalah pembagunan, pembinaan kemasyarakatan dan peningkatan pelaksanaan syariat islam,” sambung Afni.

Baca Juga :   Safaruddin Jenguk Balita Penderita Bocor Jantung di Abdya

Menurutnya, kedatangan Forum Imum Mukim ke kantor DPMP4 sudah sangat tepat sebagai langkah awal wujud sinergitas untuk menyamakan persepsi.

Sebab, kata Afni, di dinas yang dipimpinnya [DPM4] itu ada beberapa hal yang juga turut melibatkan mukim terutama kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Cara kita melakukan persamaan persepsi itu dengan cara musyawarah dan mufakat, karena kenapa kalau kita melakukan azas-azas tersebut InsyaAllah apa yang kita laksanakan dan apa yang kita inginkan pasti akan terlaksana dengan baik” jelasnya.

Baca Juga :   Dolly Cibro Menyatakan Maju Sebagai Calon Ketua DPC Partai Demokrat Subulussalam

Afni berharap kepada Forum Imum Mukim Abdya ini agar bisa bekerja sama dengan desa-desa di bawah kemukiman masing-masing.

“Harapan kita kepada Imum Mukim bisa bekerja sama dengan para Keuchik, Aparatur Desa dan Tuha Peut yang ada di desa masing-masing. Kemudian, Mukim juga diharapkan bisa menjadi sebagai orang tua dalam menyikapi persoalan di desa, tidak dengan cara mengedepankan emosi, tapi dengan cara mengedepankan musyawarah dan mufakat,” harap Afni. (*)

Editor : Salman