Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
News

505 Gampong di Aceh Bakal jadi yang Tercepat Salurkan Dana Desa

178
×

505 Gampong di Aceh Bakal jadi yang Tercepat Salurkan Dana Desa

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi - Penyaluran Dana Desa

GLOBAL BANDA ACEH – Sebanyak 505 Gampong di Aceh dinilai sangat potensial untuk menjadi gampong dengan penyaluran dana desa tercepat pada tahun 2021.

Bahkan, gampong-gampong tersebut diharapkan sudah bisa melakukan pencairan hingga 100 persen dana desa pada 1 Oktober 2021 mendatang.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Alhamdulillah terdapat 505 gampong di Aceh yang sangat potensial untuk bisa mencairkan tuntas dana desa tercepat, yaitu pada 1 Oktober 2021,” kata Plt. Kepala DPMG Aceh, Zulkifli, Senin (27/9/2021)

Ia mengatakan, ke 505 gampong tersebut masing-masing tersebar di 14 kabupaten kota di Aceh.

Baca Juga :   Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Aceh Dilantik

Gampong-gampong tersebut, tambah Zulkifli, dinilai sudah menuntaskan tahapan pencairan dana desa sebelumnya, sehingga penyaluran BLT DD bulan Oktober, November dan Desember akan dicairkan begitu memasuki tanggal 1 Oktober 2021 nanti.

“Gampong-gampong ini adalah mereka yang sudah selesai mencairkan dana untuk semua tahapan sebelumnya, yaitu dana desa tahap regular 3 tahap, refocusing Covid-19 dan BLT triwulan terakhir,” jelasnya.

Dikatakannya, sesuai peraturan dari pusat, pencairan tahap BLT triwulan terakhir baru bisa dimulai begitu memasuki detik pertama bulan Oktober.

Baca Juga :   Wow... Fantastis! Ini PNS Terkaya di Indonesia Punya Harta Kekayaan Rp1,6 Triliun

“Makanya Pemerintah Aceh mendorong gampong-gampong di Aceh agar menjadi yang tercepat. Begitu masuk 1 Oktober diharapkan langsung bisa dicairkan, karena semua persyaratan dan pengajuan sudah dipersiapkan dari sekarang,” sambung Zulkifli.

Karena itu, DPMG Aceh meminta gampong-gampong tersebut segera bergerak proaktif mengajukan dokumen amprahan, sehingga dengan sisa waktu satu minggu bisa terselesaikan.

DPMG Aceh, lanjut Zulkifli, juga sangat berharap agar DPMG Kabupaten Kota dan Dinas Keuangan kabupaten kota segera merangkul gampong tersebut untuk membantu menyelesaikan dokumen amprahan.

“Jika, pihak-pihak di kabupaten kota mampu mendorong gampong-gampong untuk segera menyerahkan dokumen amprahan secara lengkap, maka diyakini pada 1 Oktober 2021 dana itu akan langsung bisa ditransfer ke Rekening Kas Desa (RKD) oleh KPPN,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pasca Docking, KMP Aceh Hebat 3 Kembali Berlayar

Zulkifli menyebutkan, ke 505 gampong tersebut masing terdapat di Aceh Tenggara, yaitu sebanyak 293 gampong, Kota Banda Aceh 31 gampong, Bener Meriah 51 gampong, dan Aceh Tamiang 40 gampong.

Selanjutnya, Bireuen 42 gampong, Pidie Jaya 14 gampong, Lhokseumawe 5 gampong, Aceh Tengah 5 gampong, Aceh Timur 9 gampong, Aceh Selatan 3 gampong, Pidie 6 gampong, Aceh Besar 3 gampong, Aceh Utara 2 gampong dan Nagan Raya 1 gampong. (*)