Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
EkonomiRamadhan

7 Tips Ampuh Mengelola Keuangan di Bulan Ramadan, Hemat dan Berkah!

161
×

7 Tips Ampuh Mengelola Keuangan di Bulan Ramadan, Hemat dan Berkah!

Sebarkan artikel ini
Gambar Ilustrasi - 7 Tips Ampuh Mengelola Keuangan di Bulan Ramadan, Hemat dan Berkah! (Foto: Rumah Zakat)

Bulan Ramadan merupakan momen istimewa yang dinanti umat Islam. Selain beribadah, Ramadan juga menjadi kesempatan untuk melatih kedisiplinan, termasuk dalam mengelola keuangan.

Banyak orang beranggapan bahwa pengeluaran di bulan Ramadan akan berkurang karena tidak makan siang. Namun, kenyataannya, tidak sedikit yang justru mengalami pembengkakan pengeluaran.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dilansir dari laman Sikapi Uangmu OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Selasa (12/3/2024), berikut 7 tips ampuh mengelola keuangan di bulan Ramadan agar tetap stabil dan terhindar dari pengeluaran berlebihan:

1. Buat Rencana Keuangan yang Matang

Langkah awal yang krusial adalah menyusun rencana keuangan yang matang. Hitunglah perkiraan pengeluaran untuk kebutuhan sahur, berbuka, cicilan, tagihan, dan kebutuhan pokok lainnya.

Baca Juga :   PT GSS Gelar Bazar Minyak Goreng Murah di Kota Subulussalam

Sisihkan pula anggaran untuk zakat, sedekah, dan dana darurat. Buatlah daftar prioritas dan patuhi anggaran yang telah ditetapkan.

2. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Bulan Ramadan menjadi momen untuk melatih diri menahan hawa nafsu, termasuk dalam berbelanja. Prioritaskan kebutuhan utama, seperti bahan makanan untuk sahur dan berbuka, daripada membeli barang-barang yang tidak esensial.

Hindari tergoda dengan promo dan diskon yang menarik, jika bukan termasuk kebutuhan. Ingatlah, membeli barang yang tidak diperlukan hanya akan menguras dompet.

3. Kelompokkan Pengeluaran Ramadan dan Hari Raya

Pisahkan anggaran untuk Ramadan dan Hari Raya. Kebutuhan Ramadan umumnya fokus pada makanan sahur dan berbuka, sedangkan Hari Raya meliputi THR, parsel, dan pernak-pernik lainnya.

Baca Juga :   Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada 11 Maret 2024

Memisahkan anggaran membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran dan memastikan dana yang tersedia cukup untuk semua kebutuhan.

4. Buat Daftar Menu Sahur dan Berbuka

Memasak di rumah merupakan cara efektif untuk menghemat pengeluaran. Buatlah daftar menu sahur dan berbuka yang variatif dan bergizi, namun tetap sesuai anggaran.

Cari inspirasi menu di internet atau buku masak untuk membantu Anda menyusun daftar belanja yang efektif.

5. Belanja Lebih Awal

Harga kebutuhan pokok biasanya mengalami kenaikan menjelang Ramadan. Untuk mengantisipasinya, lakukanlah belanja awal untuk bahan makanan pokok seperti beras, minyak goreng, dan bumbu dapur.

Baca Juga :   Jelang Ramadan, Harga Daging Meugang di Abdya Diprediksi Rp200 Ribu/Kg

Strategi ini membantu Anda menghemat pengeluaran dan terhindar dari harga yang melonjak.

6. Catat Pengeluaran Harian

Mencatat pengeluaran harian membantu Anda melacak kemana uang Anda pergi. Catatlah setiap pengeluaran, sekecil apapun itu.

Jika pengeluaran Anda mulai melebihi anggaran, segera lakukan penyesuaian dan kembali ke rencana awal.

7. Konsisten dengan Rencana Awal

Komitmen dan konsistensi adalah kunci utama dalam mengelola keuangan. Tetaplah disiplin mengikuti rencana awal dan hindari tergoda untuk melampaui anggaran.

Ingatlah tujuan awal Anda untuk mengelola keuangan dengan bijak di bulan Ramadan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat mengendalikan keuangan di bulan Ramadan dengan lebih efektif. Selamat menjalankan ibadah puasa!. (*)