Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Asyik, 152 Keuchik di Abdya Bakal Dapat Motor Dinas Yamaha Nmax

0
×

Asyik, 152 Keuchik di Abdya Bakal Dapat Motor Dinas Yamaha Nmax

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Yamaha Nmax buat Para Kepala Desa (Keuchik). Foto/roda2blog.com

“Kami merasa perlu mendapatkan dukungan transportasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan secara prima kepada masyarakat tanpa ada alasan satu lain hal,” imbuhnya.

BLANGPIDIE – Sebanyak 152 Gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dikabarkan bakal melakukan pengadaan motor dinas dari sumber anggaran Alokasi Dana Gampong (ADG) tahun anggaran 2023.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Informasi yang dihimpun AcehglobalNews, para Ketua Forum Keuchik Kecamatan dalam Kabupaten Abdya telah mengikuti rapat membahas tentang rencana pengadaan motor dinas tersebut bersama Pemkab setempat.

Rapat berlangsung di kantor Bupati Abdya pada Senin (6/3/2023) lalu, yang dihadiri oleh Pj Bupati Abdya H Darmansah, Sekda Salman Al Farisi, Kepala Inspektorat drh Amiruddin Adi, Assisten I Mussawir S.Sos dan Kadis DPMP4 Nur Afni Muliana.

Juga turut hadir Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Abdya, Venny Kurnia, Kabag Hukum Setdakab Abdya, Koorkab Tenaga Ahli (TA) TPP Abdya H.T Jasman, dan sejumlah TA serta Pendamping Desa.

Ketua APDESI Abdya, Venny Kurnia saat dikonfirmasi membenarkan adanya rapat pembahasan tentang rencana pengadaan motor dinas keuchik tersebut.

“Iya benar, ada rapat di kantor Bupati pada Senin lalu dan itu membahas terkait rencana pengadaan kendaraan dinas roda dua bagi Pemerintah Gampong,” ujar Venny, Rabu (8/3/2023).

Venny menjelaskan, dalam rapat tersebut membahas secara komprehensif aspek regulasi terkait boleh atau tidak secara aturan melakukan pengadaan kendaraan dinas bagi 152 Gampong di Abdya.

“Setelah dikaji secara matang berdasarkan regulasi yang ada, dan mendengarkan saran serta pendapat dari peserta yang hadir saat itu, bahwa Pemerintah Gampong diperbolehkan membeli kendaraan dinas baru dari sumber ADG,” tuturnya.

Lebih lanjut kata Venny, bagi Gampong yang anggaran ADG nya minus masih dapat dilakukan pengadaan kendaraan dinas dengan cara memindahkan honorarium/tunjangan Tuha Peut yang sebelumnya menggunakan ADG digeser ke sumber Dana Desa (DD).

Selain itu, biaya operasional Tuha Lapan, insentif Ketua PKK, Ketua Pemuda, Pustakawan Gampong, dan insentif bagi lembaga adat masyarakat gampong juga diperbolehkan menggunakan sumber DD.

Menurut Ketua Forum Keuchik Kabupaten Abdya itu, pengadaan sepeda motor dinas baru bagi Pemerintah Gampong sangat diperlukan mengingat intensitas pekerjaan Keuchik dan Perangkat Gampong yang semakin tinggi, apalagi menjelang Pemilu 2024.

“Kami merasa perlu mendapatkan dukungan transportasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan secara prima kepada masyarakat tanpa ada alasan satu lain hal,” imbuhnya.

Venny mengungkapkan, jika pengadaan kendaraan dinas baru itu terwujud, maka honda dinas lama merek Vario bisa digunakan oleh Sekdes atau Perangkat Desa lain, sehingga dengan demikian tidak ada lagi alasan bagi Perangkat Desa untuk tidak bekerja maksimal.

Venny berharap apa yang sudah disepakati dalam rapat tersebut benar adanya dan jangan terjadi polemik lagi bahwa ada Gampong yang tidak bisa mengakomodir pengadaan motor dinas.

“Sebab, jika digeser penganggaran beberapa item tadi diperhitungkan bahwa sudah cukup anggaran untuk pembelian honda dinas baru,” terangnya.

Agar terwujud kendaraan dinas, Venny minta Pemkab Abdya segera merevisi Perbup tentang prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2023.

Apalagi, kata dia, dalam musyawarah, Pj Bupati sendiri juga berharap 152 Gampong di Abdya dapat melakukan pengadaan kendaraan dinas.

“Pak Bupati juga menegaskan bahwa tidak ada satu desa pun yang tidak bisa melakukan pengadaan honda dinas, asalkan aturannya jelas dan ketersediaan anggaran mencukupi,” ungkapnya.

Saat ditanya motor dinas jenis apa yang diwacanakan bakal dibeli melalui anggaran ADG oleh 152 Pemerintah Gampong di Abdya, Venny menyebut Yamaha Nmax.

“Yamaha Nmax, karena spesfikasi sepeda motornya lebih unggul dari sepeda motor lain, baik dari segi BBM-nya irit dan bagasi juga besar,” pungkasnya. (*)

| EDITOR : REDAKSI

Baca Juga :   200.000 Ton Beras Asal Vietnam Tiba di Aceh