Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

BKAD Blangpidie Abdya Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tuha Peut

425
×

BKAD Blangpidie Abdya Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tuha Peut

Sebarkan artikel ini
Para peserta Tuha Peut dari 10 Desa di Kecamatan Blangpidie mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas Tuha Peut yang digelar di Aula Bappeda Abdya, Kamis (2/12/2021). FOTO: GLOBAL/SALMAN

GLOBAL BLANGPIDIE – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas tuha peut yang berlangsung di Aula Bappeda kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka langsung oleh Camat Blangpidie, Krisnur SP, Kamis (2/12/2021).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Turut hadir Kabag Pemerintahan Setdakab Abdya Reza Kamarullah SH, Kabid DPMG DPMP4 Abdya Arief Zulfahmi, TA TPP P3MD Kemendes PDTT Wika Abdya, Fitriadi SE, dan Pendamping Desa (PD) serta PLD dalam kecamatan Blangpidie.

Baca Juga :   Seluruh Gampong di Abdya Diminta segera Tuntaskan APBG 2022

Ketua BKAD Kecamatan Blangpidie, Muslim Saputra melalui Sekretarisnya Desmarizal mengatakan, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas tuha peut ini berlangsung selama dua hari terhitung sejak tanggal 2 hingga 3 Desember 2021.

“Ada dua gelombang, gelombang pertama hari ini diikuti oleh 10 desa, sementara besoknya gelombang kedua 10 desa lagi dari total desa di Kecamatan Blangpidie yang berjumlah 20 desa,” jelas Desmarizal yang didampingi Bendahara BKAD, Safrullah.

Baca Juga :   Kadis Sosial Aceh Tinjau Pelaksanaan TMS di Abdya

Desmarizal menyebutkan, total peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 100 orang yang terdiri dari ketua dan anggota tuha peut. Dimana, masing-masing desa mendelegasikan 5 orang tuha peutnya.

“Pada gelombang pertama, jumlah peserta tuha peut sebanyak 50 orang, sedangkan gelombang kedua berjumlah 50 orang, sehingga total tuha peut yang mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas tuha peut ini berjumlah 100 orang,” jelasnya.

Baca Juga :   Jembatan Penghubung Antar Kemukiman di Abdya Incar Korban Jiwa

Desmarizal juga berujar, tujuan diadakannya kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas tuha peut itu untuk memberikan pemahaman agar lebih mengerti dan faham bagaimana peran dan fungsi tuha peut dalam mengawal serta mengawasi kinerja pemerintah desa yang sesungguhnya. (*)