Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Darmansah Berkomitmen jadikan Abdya sebagai Daerah Penghasil Beras di Barsela

0
×

Darmansah Berkomitmen jadikan Abdya sebagai Daerah Penghasil Beras di Barsela

Sebarkan artikel ini

BLANGPIDIE – Melalui Program Gerakan Temu Lapang Tanam Serentak Tahun 2023, Pj Bupati Abdya, H Darmansah berkomitmen ingin menjadikan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menjadi daerah yang mandiri menuju swasembada pangan.

“Kabupaten Abdya kita harapkan menjadi daerah penghasil beras di pantai Barat Selatan Aceh [Barsela], dan sekaligus dapat mengendalikan Inflansi daerah,” ujar Pj Bupati Darmansah saat menghadiri kegiatan tanam padi serentak bersama unsur Forkopimda setempat di Gampong Pisang, Kecamatan Setia, Kamis (2/2/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Darmansah menjelaskan, bahwa letak Kabupaten Abdya ini sangat strategis, merupakan salah satu daerah yang memiliki lumbung pangan di Aceh dengan pontensi sumberdaya lahan persawahan yang mencapai 8.299 hektar.

“Apabila sumberdaya ini dikelola dengan baik dan didukung oleh teknologi budidaya, serta peningkatan Indek Penanaman (IP) yang sempurna, maka InsyaAllah, target pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat akan tercapai,” ungkapnya.

Baca Juga :   Baitul Mal dan Disdukcapil Abdya Teken MoU Pemanfaatan Data Penduduk

Tahun 2023 ini, kata Darmansah, Pemda Abdya akan mengupayakan pencapaian IP 300 atau 3 kali tanam serentak dalam setahun. Hal ini untuk memacu produktivitas padi, surplus gabah dan produksi beras secara berkelanjutan.

Menurutnya, pembangunan Pertanian Tanaman Pangan mempunyai peranan penting dalam rangka mewujudkan stabilitas ketahanan pangan nasional. Dan pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut dengan jalan meningkatkan produksi hasil-hasil pertanian, terutama padi.

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya kerjasama dan sinergi dari berbagai instansi, seperti Dinas PUPR, Dinstanpan, Disperindagkop, perbankan, dan lainnya, untuk mengatasi tantangan ketahanan pangan kedepan yang semakin meningkat.

Baca Juga :   Forum Keuchik di Abdya sebut Salman Al Farisi Layak jadi Pj Bupati

“Pangan adalah kebutuhan hakiki manusia dan harus dipenuhi di setiap daerah. Oleh karena itu, ketersediaan pangan harus menjadi prioritas pemerintah, namun tidak bisa dicapai hanya melalui sektor pertanian saja. Persamaan persepsi dan sinergi dari berbagai instansi sangat diperlukan untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan,” tutur Pj Bupati Darmansah. (*)

Editor : Salman