Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaInternasional

Ditengah Gencatan Senjata, Tentara Israel Malah Bunuh 7 Warga Palestina di Tepi Barat

205
×

Ditengah Gencatan Senjata, Tentara Israel Malah Bunuh 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Sebarkan artikel ini
Seorang warga Palestina memeriksa kerusakan di jalan pasca serangan Israel di Jenin, di Tepi Barat yang diduduki Israel, 26 November 2023. REUTERS/Raneen Sawafta.

JENIN, Tepi Barat — Pasukan Israel membunuh tujuh warga Palestina, termasuk dua anak di bawah umur dan setidaknya satu pria bersenjata, di Tepi Barat yang diduduki pada Sabtu (25/11) malam dan Minggu (26/11) pagi, kata petugas medis dan sumber lokal.

Tepi Barat, salah satu wilayah di mana warga Palestina ingin menjadi negara, telah mengalami peningkatan kekerasan yang terjadi bersamaan dengan perang Israel-Hamas di Jalur Gaza, yang kini memasuki minggu kedelapan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Lima dari kematian dalam semalam terjadi di kota Jenin, yang menurut militer Israel digerebek untuk menahan seorang buronan Palestina karena dugaan keterlibatan dalam penyergapan mematikan di Tepi Barat pada bulan Agustus serta 20 tersangka lainnya.

Baca Juga :   Formapa-SI Desak Ombudsman Serius Tindaklanjuti Laporan terkait Beasiswa BPSDM Aceh

Selama penggerebekan, pasukan Israel “berkonflik dengan teroris bersenjata dan membunuh lima di antaranya”, kata militer dalam sebuah pernyataan.

Brigade Jenin, sebuah kelompok bersenjata lokal, mengatakan para pejuangnya melawan pasukan Israel. Badan ini tidak memberikan rincian mengenai korban jiwa, namun saksi setempat mengatakan setidaknya satu warga Palestina yang tewas di Jenin diketahui merupakan anggota Brigade.

Baca Juga :   Sebanyak 61 Jemaah Haji Abdya Akan Berangkat ke Arab Saudi Dalam 2 Kloter

Kantor berita resmi Palestina WAFA mengatakan bahwa pasukan Israel menyerbu Jenin “dari beberapa arah, menembakkan peluru dan mengelilingi rumah sakit pemerintah dan markas besar Masyarakat Bulan Sabit Merah”.

Korban jiwa warga Palestina keenam terjadi di Yatma, sebuah desa dekat kota Nablus, dan satu lagi terjadi di dekat pemukiman Yahudi di luar kota El Bireh di Tepi Barat, kata para pejabat Palestina. Belum ada komentar langsung dari Israel mengenai insiden tersebut.

Enam warga Palestina lainnya terluka dalam penembakan di Jenin, kata kementerian kesehatan Palestina. Militer Israel mengatakan salah satu pesawatnya menyerang sekelompok pria bersenjata, melukai beberapa di antara mereka.

Baca Juga :   Daftar Bacaleg ke KIP, Partai PKS Targetkan 4 Kursi di DPRK Abdya

Sejumlah faksi Palestina menyerukan serangan di Jenin pada hari Minggu untuk “berduka atas jiwa para martir,” kata WAFA.

Sekitar 200 warga Palestina di Tepi Barat telah dibunuh oleh pasukan Israel atau pemukim sejak serangan Hamas 7 Oktober yang memicu perang Gaza, menurut angka PBB. Empat warga Israel telah dibunuh oleh warga Palestina di Tepi Barat pada periode yang sama, menurut data tersebut.(*)

Sumber : Reuters

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *