Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Gandeng Kemenag, Disdukcapil Abdya Luncurkan Program Jebol e-KTP

364
×

Gandeng Kemenag, Disdukcapil Abdya Luncurkan Program Jebol e-KTP

Sebarkan artikel ini
Kadisdukcapil Abdya, Jamaluddin memantau langsung kegiatan perekaman e-KTP bagi siswa-siswi melalui program Jebol di Sekolah MAN 1 Abdya, Senin (16/1/2023). (Foto: Acehglobalnews/M. Nasir)

Blangpidie – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar aksi Jebol (jemput bola), untuk melakukan perekaman langsung KTP Elektronik (e-KTP) bagi pemula (siswa-siswi) di daerah itu yang belum memiliki kartu indentitas.

Kegiatan tersebut didukung oleh Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten setempat, yang berlangsung di Sekolah MAN 1 Aceh Barat Daya, Senin (16/1/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kadisdukcapil Abdya, Jamaluddin, S.Pd, menjelaskan, tujuan kegiatan Jebol e-KTP ini adalah untuk memberikan kepastian hukum kepada warga negara yang sudah wajib memiliki bukti identitas.

Baca Juga :   Dinilai Banyak Masalah, DPRK Abdya Perpanjang Jadwal Pansus di RSUTP dan Dinkes

Selain itu, katanya, kegiatan tersebut juga merupakan lanjutan aksi untuk mengejar data kependudukan masyarakat, khususnya warga Abdya yang belum melakukan perekaman e-KTP.

“Hari ini kami, Disdukcapil bersama kemenag Abdya, menyapa masyarakat, melalui program jemput bola (jebol) dengan inovasi Abdya oke (Ambil Berkas Diproses Yes Adminduk),” ujar Jamaluddin.

Selebihnya, ia juga menjelaskan melalui Jebol tersebut, diharapkan akan mempermudah masyarakat Abdya dalam melakukan perekaman e-KTP.

“Hari ini kita melakukan perekaman dikhususkan untuk anak-anak muda usia pemula, dengan usia 17 hingga 19 tahun,” sebut pria yang akrab disapa Jamal itu.

Baca Juga :   Asrama Putri SMA Modal Bangsa Banda Aceh Terbakar

Jamal juga memastikan bahwa kegiatan perekaman e-KTP bagi pemula melalui program Jebol akan terus dilakukan pihaknya ke setiap sekolah dan desa-desa (gampong) di wilayah Abdya.

“Setiap minggu kita akan terus melakukan perekaman ke setiap wilayah dan ini sebagai bukti nyata kepedulian pemerintah kepada masyarakat,” ungkap Jamal.

Di lokasi yang sama, Kepala Kemenag Abdya Salman Alfarisi, SAg MPd, yang juga ikut menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Disdukcapil Abdya yang sudah memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Salman menyebut program yang dilakukan oleh Disdukcapil Abdya ini adalah terobosan yang sangat luar biasa.

Baca Juga :   Wakil Ketua DPRA Safaruddin Serap Aspirasi Masyarakat Jeumpa

“Ini adalah progam terbaik pemerintah kita yang menyapa langsung ke lokasi, dan kami dari Kemenag siap mendukung dan melakukan kerjasama dalam bidang apapun,” kata Salman.

Berdasarkan data yang di himpun Acehglobalnews dari panitia pelaksana kegiatan, jumlah siswa yang berhasil dilakukan perekaman e-KTP di MAN 1 Abdya sekitar 84 siswa.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Abdya, Kepala kemenag Abdya, Kepala sekolah MAN Blangpidie, serta sejumlah panitia pelaksana kegiatan. (*)

Reporter : M. Nasir