Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Idul Adha 1444 H, Pemkab Aceh Utara Salurkan 24 Hewan Qurban ke Dayah dan Gampong

605
×

Idul Adha 1444 H, Pemkab Aceh Utara Salurkan 24 Hewan Qurban ke Dayah dan Gampong

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, saat menyerahkan hewan qurban di Masjid Besar Bujang Salim Krueng Geukueh, usai pelaksanaan shalat ied Idul Adha 1444 H di masjid setempat. Foto: Acehglobal/Ist.

LHOKSUKON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara menyalurkan sebanyak 24 ekor hewan qurban ke dayah, gampong dan masjid, pada Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Penyaluran dilakukan langsung oleh SKPK-SKPK yang telah ditunjuk sesuai dengan lokasi  atau tempat penyembelihan, sebagaimana di amanatkan oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Semua hewan qurban sudah kita arahkan ke lokasi yang telah ditunjuk oleh Bapak Pj Bupati Bupati, dan penerimanya juga sudah kita tetapkan,” ungkap M Dahlan, SE, Kabag Kesra dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Utara, Kamis, (29/6/2023).

Penyerahan hewan qurban di Masjid Besar Bujang Salim Krueng Geukueh dilakukan langsung oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, usai pelaksanaan shalat ied Idul Adha 1444 H di masjid setempat.

Turut bersama Pj Bupati di antaranya Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Hendrasari Nurhono, MIP dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jamaluddin, MPd.

Baca Juga :   PPK dan Panwaslu Kecamatan Simeulue Barat Siap Sukseskan Pemilu 2024

Sedangkan penyerahan hewan qurban di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon dilakukan oleh Sekda Dr A Murtala, MSi, dan diterima oleh Ketua BKM Tgk. H Amiruddin.

Turut mendampingi Sekda di antaranya Plt Kepala Dinas Syari’at Islam Haddaini, SSos, dan Kabag Kesra dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Utara M Dahlan, SE.

Dijelaskan M Dahlan, bahwa  ke 24 hewan qurban tersebut berasal dari instansi Pemkab Aceh Utara, masing-masing Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara sebanyak 5 ekor sapi yang disalurkan masing-masing 1 ekor ke Dayah Darul Huda Lueng Angen Kecamatan Langkahan, Dayah Malikussaleh Rawang Itek Kecamatan Tanah Jambo Aye, Masjid Raya Pase Pantonlabu, Kadus Lingkungan IV Gampong Baroe Kuta Lhoksukon,  dan Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon.

Berikutnya Dinas Kelautan dan Perikanan menyalurkan 1 ekor ke Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda Paloh Gadeng, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman sebanyak 2 ekor, disalurkan ke Gampong Keutapang dan Gampong Alue Drien Kecamatan Lhoksukon.

Baca Juga :   Puluhan Kepala SMPN Aceh Barat Studi Banding ke SMPN 1 Seunagan

Sedangkan hewan qurban dari Dinas Kesehatan sebanyak 2 ekor disalurkan ke Gampong Alue Muden Kecamatan Lhoksukon dan Dayah Darul Ulum Gampong Beunot Kecamatan Syamtalira Bayu.

Hewan qurban dari Dinas Pertanian dan Pangan 1 ekor diserahkan ke MTI Nurussalam Dayah Mampre Kecamatan Syamtalira Aron, dari Dinas Perkebunan Nakeswan sebanyak 2 ekor masing-masing ke Gampong Hueng Kecamatan Tanah Luas dan ke Masjid Jamik Taqwa Keude Karieng Kecamatan Meurah Mulia.

Dari Dinas PUPR sebanyak 2 ekor disalurkan ke Masjid Baitul A’la Gampong Seupeng Blang Jruen dan untuk Pengurus Anak Yatim Binaan Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon.

Selanjutnya dari Dinas Pendidikan Dayah 1 ekor diserahkan ke Dayah Raudhatul Ma’arif Cot Trueng Kecamatan Muara Batu. Dari Dinas Penanaman Modal Transnaker 2 ekor disalurkan ke Dayah Darul Muttaqien Kecamatan Lapang dan Masjid Baitut Taqwa Kecamatan Lapang. Hewan qurban dari PT PIM diserahkan ke Masjid Besar Bujang Salim Dewantara.

Hewan qurban dari Dinas Porapar 1 ekor disalurkan ke Masjid Haji Chik Lamkuta Gampong Tanjong Meunye Kecamatan Tanah Jambo Aye, dari BKPSDM  1 ekor ke Masjid Ulee Pulo Kecamatan Dewantara, sebanyak 1 ekor dari Sekretariat DPRK penyembelihannya dilakukan di Kantor DPRK, hewan qurban dari Inspektorat 1 ekor untuk Gampong Keude Krueng Geukueh, dan 1 ekor dari Dinas Perhubungan disalurkan untuk lingkungan Kantor Dinas Perhubungan di Gampong Langa Kecamatan Syamtalira Bayu.

Baca Juga :   Buntut Kebakaran di Blangpidie, Postingan FB Kalak BPBK Abdya Tuai Kritikan Warga

Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasih kepada seluruh ASN dan pejabat dari seluruh SKPK jajaran Pemkab Aceh Utara yang telah turun tangan memberikan sumbangan untuk pengadaan hewan qurban Idul Adha 1444 H.

“Meskipun jumlahnya belum seberapa dibandingkan dengan luas wilayah dan banyaknya gampong di Aceh Utara, akan tetapi ini merupakan kepedulian dari kita semua untuk masyarakat kita. InsyaAllah yang kita lakukan ini mendapat berkah dan ladang amal kita kepada Allah SWT,” ungkap Azwardi.(*)

Editor: Salman Syarif