Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahPendidikan

Jelang KPM, STAI Tapaktuan Gelar Rakor Bersama Camat dan 5 Keuchik di Kluet Selatan

490
×

Jelang KPM, STAI Tapaktuan Gelar Rakor Bersama Camat dan 5 Keuchik di Kluet Selatan

Sebarkan artikel ini
STAI Tapaktuan gelar Rakor persiapan pelaksanaan KPM bersama Sekcam dan Keuchik 5 gampong di Kecamatan Kluet Selatan, Aceh Selatan yang berlangsung di kantor Camat setempat, Senin (22/5/2023). Foto: Acehglobal/Hidayat.

“Semoga adik-adik mahasiswa nantinya saat turun ke lapangan dalam 5 gampong di Kluet Selatan dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat kita disana,” pungkas Taufik.

Kontributor : Hidayat | Editor : Salman 

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

TAPAKTUAN – Menjelang pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), Sekolah Tinggi Ilmu Agama (STAI) Tapaktuan menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Camat Kluet Selatan dan 5 Keuchik (Kepala Desa) di Kantor kecamatan setempat, Senin (22/5/2023).

Rakor tersebut dihadiri Ketua STAI Tapaktuan, Sufyan Ilyas, S.TH, MH, Ketua Panitia KPM Taufik Hidayat Harahap, S.HI., M.Ag, Camat Kluet Selatan yang diwakili Sekcam Muhammad Yusuf, S.IP.

Selain itu, turut hadir Keuchik atau perwakilan dari lima Gampong yang menjadi lokasi KPM mahasiswa STAI Tapaktuan, diantaranya Keuchik Gampong Luar, Keuchik Gampong Ujung, Keuchik Gampong Jua, Sekgam Pasie Merapat, dan Sekgam Gampong Keude Kandang

“Tujuan rakor ini dalam rangka untuk meminta masukan dan saran dari pemerintah kecamatan dan Gampong terkait dengan harapan dilaksanakannya kegiatan KPM di Kecamatan Kluet Selatan,” kata Ketua STAI Tapaktuan, Sufyan Ilyas.

Sekcam Kluet Selatan, Muhammad Yusuf mengucapkan terima kasih kepada STAI Tapaktuan yang telah memilih 5 Gampong di wilayah Kecamatan Kluet Selatan sebagai lokasi tempat pelaksanaan KPM mahasiswa STAI.

“Kami berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara umum dan khususnya kepada 5 Gampong yakni Pasie Merapat, Luar, Ujung, Jua dan Kedai Kandang,” ucapnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Panitia KPM STAI Tapaktuan, Taufik Hidayat Harahap menjelaskan kegiatan KPM mahasiswa tersebut akan berlangsung selama sebulan penuh yaitu sejak tanggal 1 – 30 Juni 2023 dan diikuti oleh 50 orang mahasiswa (i).

“KPM tahun ini diikuti oleh 50 orang mahasiswa dari beberapa prodi, yakni prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Perbankan Syariah (PS) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI),” sebutnya.

Taufik berharap dengan kehadiran mahasiswa KPM STAI Tapaktuan dapat mendampingi dan memberikan inovasi pada setiap kegiatan pendidikan di lima Gampong dalam Kecamatan Kluet Selatan.

Para mahasiswa KPM, katanya, juga diharapkan bisa berperan aktif dan berkolaborasi dengan pemerintah gampong khususnya dalam membina sektor pendidikan dasar seperti PAUD dan TPA, serta memberikan pelatihan kepada tenaga pendidik yang ada di Desa.

Tak hanya itu, lanjut Taufik, keberadaan mahasiswa KPM STAI juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap sektor perekonomian gampong yaitu melalui pemberdayaan dan penguatan ekonomi Badan Usaha Milik Gampong (BUMG).

“Semoga adik-adik mahasiswa nantinya saat turun ke lapangan dalam 5 gampong di Kecamatan Kluet Selatan dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat kita disana,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :   Diskop UKM Aceh Gelar Bimtek Pengelasan bagi Pemula