Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Kesehatan

Kerap Sakit Pinggang, Waspadai Beberapa Penyakit Ini !

315
×

Kerap Sakit Pinggang, Waspadai Beberapa Penyakit Ini !

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi sakit pinggang (Shutterstock).

ACEHGLOBALNEWS — Halo Rakan Acehglobal !. Hampir semua orang pernah mengalami sakit pinggang setidaknya sekali dalam hidupnya. Apalagi sakit pinggang yang kerap terjadi menimpa Anda. Jangan sepelekan, segera cek ke dokter atau ke rumah sakit terdekat.

Kali ini, Rakan Acehglobal kita akan mengulas secara lengkap tentang sakit pinggang, penyebab, gejala dan pengobatannya. Lantas apa penyebab sakit pinggang?

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sakit pinggang adalah salah satu kondisi medis yang paling umum terjadi. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari cedera ringan hingga kondisi medis yang serius.

Penyebab sakit pinggang yang paling umum adalah cedera otot atau sendi di area pinggang. Cedera ini dapat terjadi karena berbagai hal, seperti posisi tubuh yang salah, misalnya saat mengangkat benda berat atau duduk terlalu lama.

Baca Juga :   Banda Aceh dan Aceh Besar kini jadi Zona Oranye Covid-19

Gerakan yang tiba-tiba atau berulang, juga menjadi salah satu penyebab sakit pinggang misalnya saat berolahraga.
Selain itu kelebihan berat badan dan faktor usia juga bisa mengakibatkan pinggang terasa sakit.

Selain cedera otot atau sendi, sakit pinggang juga dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis lainnya, diantaranya hernia nukleus pulposus (HNP), yaitu kondisi di mana bantalan tulang belakang (cakram) pecah dan menekan saraf.

Kemudian, stenosis tulang belakang, yaitu penyempitan kanal tulang belakang yang dapat menekan saraf.
Skiatika, yaitu nyeri yang menjalar dari pinggang ke kaki akibat saraf skiatik tertekan.

Selanjutnya, infeksi tulang belakang, seperti osteomielitis atau tuberkulosis tulang belakang, tumor tulang belakang hingga rasa nyeri pada pinggang juga dapat disebabkan oleh penyakit ginjal.

Baca Juga :   dr Ismuha Ajak Masyarakat Koperatif Ciptakan Lingkungan Aman dan Nyaman di RSUTP

Yang sering terjadi, penyebab sakit pinggang disebabkan oleh penyakit rematik, seperti rheumatoid arthritis atau ankylosing spondylitis. Kejadian ini biasanya dirasakan oleh orang yang usianya sudah lanjut.

Gejala sakit pinggang yang paling umum adalah nyeri di area pinggang. Nyeri ini dapat bersifat tajam, tumpul, atau menusuk.

Nyeri pinggang dapat disertai dengan gejala lain, seperti kaku di area pinggang, kesemutan atau mati rasa di kaki, kesulitan berjalan, serta kehilangan kontrol kandung kemih atau usus.

Pengobatan Sakit Pinggang

Pengobatan sakit pinggang tergantung pada penyebabnya. Jika sakit pinggang disebabkan oleh cedera otot atau sendi ringan, biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Namun, jika sakit pinggang disebabkan oleh kondisi medis yang serius, maka diperlukan pengobatan yang lebih lanjut.

Baca Juga :   Mendagri Terbitkan SE Percepatan Vaksinasi Booster bagi Masyarakat

Pengobatan sakit pinggang dapat berupa :

1. Obat-obatan, seperti obat pereda nyeri, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), atau kortikosteroid.

2. Fisioterapi, yaitu terapi yang menggunakan gerakan dan latihan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot-otot di sekitar pinggang.

3. Operasi, yaitu prosedur pembedahan yang dilakukan untuk memperbaiki kondisi medis yang mendasari sakit pinggang.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit pinggang, yaitu menjaga berat badan ideal, melakukan olahraga secara teratur, menjaga postur tubuh yang baik, mengangkat benda berat dengan cara yang benar, dan melakukan istirahat yang cukup.

Jika Anda mengalami sakit pinggang yang tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *