Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Pemerintah Gampong Cot Jeurat Abdya Salurkan Bantuan Pupuk Pertanian kepada Masyarakat

257
×

Pemerintah Gampong Cot Jeurat Abdya Salurkan Bantuan Pupuk Pertanian kepada Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Dalam rangka untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian dan perkebunan, Pemerintah Gampong Cot Jeurat Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan bantuan pupuk pertanian kepada masyarakat setempat, Kamis (30/6/2022).

Penyaluran bantuan pupuk non subsidi itu diserahkan secara simbolis oleh Keuchik Cot Jeurat, Syarifuddin, turut disaksikan oleh Kasie PMG Setcam Blangpidie, Nur Atiyah S.Ag, Babinsa Serda Iwan Setiawan, Pendamping Desa (PD, PLD), Tuha Peut, serta Perangkat Desa dan Kepala Dusun.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Keuchik Syarifuddin, mengatakan bantuan pupuk pertanian ini merupakan salah satu program ketahanan pangan yang telah direncanakan dalam APBG Tahun Anggaran 2022.

“Sumber pengadaan pupuk dari dana desa program ketahanan pangan sebesar 2% yang sudah dialokasikan ke dalam anggaran pendapatan dan belanja gampong (APBG) tahun 2022,” ujar Syarifuddin.

Menurut pria yang akrab disapa Udin ini, pihaknya sengaja memanfaatkan dana desa untuk membelanjakan pupuk, sebab selain berkaitan dengan program ketahanan pangan masyarakat, sebagian besar warga Cot Jeurat juga didominasi oleh petani sawah dan pekebun sayur.

Baca Juga :   Mendagri Terbitkan SE Percepatan Vaksinasi Booster bagi Masyarakat

“Masyarakat kita dominannya adalah petani persawahan dan banyak juga masyarakat berkebun, karena itu untuk menunjang penghasilan mereka kita bantu melalui pemberian pupuk pertanian,” ujarnya.

Ia mengatakan program tersebut sebelumnya juga telah dimusyawarahkan dengan Tuha Peut, keujrun blang dan perangkat gampong, serta didampingi Pendamping Lokal Desa. Para peserta musyawarah sepakat melakukan pengadaan pupuk untuk membantu masyarakat di bidang pertanian.

Baca Juga :   Jembatan Tua di Gampong Cot Jeurat Abdya Butuh Sentuhan Pemerintah

Udin menyebutkan, dalam penyaluran pupuk tersebut, pihaknya mengadakan sebanyak 147 zak pupuk NPK non subsidi jenis Phonska Plus isi 25 Kg dan memiliki komposisi unsur hara 15-15-15 (Zn 2000 ppm + Sulfur 9%).

“Masing-masing kepala rumah tangga mendapatkan 1 zak pupuk,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *