Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaKesehatan

Pemerintah Gampong Seunaloh Blangpidie Gelar Sosialisasi PHBS kepada Masyarakat

212
×

Pemerintah Gampong Seunaloh Blangpidie Gelar Sosialisasi PHBS kepada Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Pemerintah Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menggelar kegiatan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang berlangsung di Kantor Keuchik Gampong setempat.

Keuchik Gampong Seunaloh, Muhammad Isa, mengatakan tujuan diadakan kegiatan sosialisasi PHBS ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya untuk menerapkan pola bersih dan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Kegiatan ini merupakan amanah dari Perbup melalui dana Covid-19 sebesar 8 persen dari Dana Desa Tahun 2022, dimana salah satunya digunakan untuk kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang PHBS,” ujar Muhammad Isa, di sela-sela kegiatan sosialisasi, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga :   Pemko dan BPN Kota Subulussalam Buka Pelatihan Pemetaan Partisipatif

Muhammad Isa mengatakan, pada kegiatan sosialisasi PHBS tersebut para peserta yang di undang hanya orang-orang atau kelompok tertentu saja di dalam Desa sebagai peserta.

Seperti, sebutnya, para kader posyandu, kader posbindu hingga kader PKK. Kemudian, pengurus BUMDes, KPMG, Tuha Peut, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Bidan Desa dan perangkat Desa, serta Kepala Dusun.

“Karena yang diundang terbatas, maka saya berpesan kepada para peserta yang mengikuti acara ini agar dapat membiasakan PHBS di kehidupan sehari-hari mulai dari diri sendiri, rumah tangga dan lingkungan masyarakat,” pesan Muhammad Isa.

Baca Juga :   DPRA Ajak Eksekutif dan Forbes Kerja Kolaboratif Advokasi Empat Pulau yang Hilang

Ia juga meminta kepada para peserta yang mengikuti acara sosialisasi agar menyampaikan apa yang diperolehnya pada saat kegiatan sosialisasi PHBS ini kepada warga lainnya, dengan harapan masyarakat lain juga faham dan mengerti bahwa pentingnya membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga dan lingkungan desa.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat diaplikasikan oleh masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan mengikuti anjuran hidup bersih dan sehat sesuai yang materi yang telah disampaikan oleh narasumber,” ucap Keuchik Muhammad Isa.

Baca Juga :   Seorang Anak di Abdya Nekat Habisi Nyawa Ibu Kandung dengan Sebilah Kayu

Dalam kegiatan sosialisasi PHBS, Pemerintah Gampong Seunaloh menghadirkan narasumber, yakni Kepala Puskesmas Blangpidie yang diwakili Kaur T.U Puskesmas, Sahroni Lubis SKM.

Selanjutnya, Camat Blangpidie Krisnur SP, Danramil Peltu Ismail, Kapolsek yang diwakili Wakapolsek Ipda Hirzon SE, serta Koorcam Pendamping Desa (TPP) Blangpidie M.Tahir SPd.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Babinsa, Babinkamtibmas dan Pendamping Desa (PDTI) Pendamping Lokal Desa (PLD) Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, yang bertindak sebagai mitra dan fasilitator kegiatan. (*)