Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Peringati Israk Mi’raj 1444 H, Warga Durian Rampak Antusias dengarkan Ceramah Agama

342
×

Peringati Israk Mi’raj 1444 H, Warga Durian Rampak Antusias dengarkan Ceramah Agama

Sebarkan artikel ini
Ustadz Roni Haldi, Lc menyampaikan ceramah agama pada peringatan Isra mi'raj di Masjid Baitul Qahhar Gampong Durian Rampak, Susoh, Jum'at malam (24/2/2023).

Blangpidie – Masyarakat Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meperingati israk mi’raj 1444 H yang berlangsung di masjid Baitul Qahhar Gampong setempat, Jum’at malam (24/2/2023).

Dalam sambutannya, Keuchik Gampong Durian Rampak, Suhaimi menghaturkan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi hadir dalam acara tersebut.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ia mengatakan acara peringatan Isra Mi’raj tahun ini rencananya dilaksanakan pada malam Sabtu (18/2) yang lalu, berhubung dirinya tidak ada di tempat, sehingga acara tersebut terlaksana pada malam ini.

Suhaimi juga mengungkapkan bahwa acara peringatan Isra Mi’raj tahun ini sengaja tidak dibentuk tim kepanitiaan.

Baca Juga :   Pengurus PJID-N Silahturahmi dengan Kejari Simeulue

Kendati demikian, Suhaimi menyebut seluruh masyarakat yang hadir mengikuti acara tersebut semua adalah panitia pelaksananya.

Dalam ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Roni sapaan akrab Roni Haldi, Lc menyinggung tradisi di Aceh yang menyuguhkan makanan apam (khanduri apam) pada setiap momen rutin memperingati kegiatan Isra Mi’raj.

Kepala KUA Kecamatan Susoh ini, mengulas tentang kisah perjalanan agung nabi akhir zaman Muhammad SAW menuju langit ketujuh untuk menerima perintah shalat dari Allah SWT.

Masyarakat Durian Rampak dari kalangan tua dan muda sangat antusias mendengarkan ceramah agama yang disampaikan Ustadz Roni pada peringatan Isra mi’raj di Masjid Baitul Qahhar Gampong setempat, Jum’at malam (24/2/2023).

Peristiwa Isra’ Mi’raj tersebut terjadi pada suatu malam yakni tanggal 27 Rajab.

Dalam Isra’ Mi’raj, jelas Ustadz Roni, Rasulullah SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem, Palestina menuju langit ke tujuh, kemudian nabi melakukan perjalanan ke Sidratul Muntaha.

Baca Juga :   Pemerintah Gampong Rambong Setia Gelar Lomba Festival Anak Shaleh dan MTQ

“Perjalanan yang menembus langit ketujuh itu hanya ditempuh satu malam atas perintah dan kuasa Allah SWT. Di sanalah Nabi Muhammad SAW menerima perintah dari Allah SWT berupa shalat lima waktu,” tuturnya.

Ustadz Roni berpesan agar momentum peringatan Isra mi’raj di bulan Syakban ini bisa dijadikan hikmah dan selalu meningkatkan ibadah kepada Allah SWT dengan rutin mendirikan shalat lima waktu sehari semalam.

“Peristiwa Isra mi’raj ini adalah peristiwa yang paling besar yang dialami oleh nabi kita Muhammad SAW. Karena itu jangan pernah meninggalkan shalat lima waktu,” pesan ustadz Roni Haldi, Lc dalam penggalan ceramah agamanya.

Baca Juga :   Tidak Ada yang Ditutupi, Pemilihan Tuha Peut Gampong Lhung Asan sudah Melalui Musdes

Pantauan AcehglobalNews, ceramah agama yang disampaikan oleh ustadz lulusan Universitas di Kairo Mesir ini tampak didengarkan sangat antusias oleh masyarakat Durian Rampak yang hadir ke masjid Baitul Qahhar.

Seluruh masyarakat baik dari kalangan tua maupun muda dan bahkan anak-anak sekalipun juga ikut meramaikan peringatan Isra mi’raj 1444 H ini.

Setelah menyampaikan ceramah agamanya, acara ditutup dengan doa oleh Ustadz Roni. Selanjutnya warga menyuguhkan makanan apam untuk dimakan bersama. (*)

Editor : Redaksi